NASA Bikin Teleskop untuk Misi Berburu Planet Pengembara

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 16 2266019 nasa-bikin-teleskop-untuk-misi-berburu-planet-pengembara-uzcAvKFx83.jpg (Foto: ExtremeTech)

JAKARTA - Di alam semesta terdapat planet yang disebut "pengembara". Ini merupakan planet tanpa ikatan bintang di dekatnya. Cukup rumit untuk menemukannya, tetapi misi ke depan akan memanfaatkan teknologi yang diharapkan dapat mengidentifikasi keberadaan planet pengembara.

NASA melaporkan Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman memiliki observatorium inframerah, yang dapat mengidentifikasi planet-planet penjelajah. Saat ini, teleskop tersebut masih dalam pembuatan tetapi diharapkan selesai dalam beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Guncangan Dahsyat Awali Peristiwa Kiamat Dijelaskan Alquran dan Sains

Melansir dari Slashgear, penelitian ini dipimpin oleh sebuah tim di Ohio State University. Temuan tersebut baru-baru ini diterbitkan di Astronomical Journal. Ini akan menjadi evolusi besar dalam kemampuan manusia untuk mendeteksi planet-planet pengembara, yang kemudian akan membantu menjelaskan sifat alam semesta di sekitar kita.

Badan antariksa menjelaskan bahwa observatorium ini akan mengidentifikasi planet pengembara dengan melakukan survei pelensaan mikro di alam semesta. Teknologi akan mencatat efek yang disebut pelensaan gravitasi, sejenis lengkungan yang disebabkan oleh planet pengembara yang sangat besar saat melintas di depan bintang yang jauh.

NASA mengatakan ini adalah cara terbaik untuk melakukan pemindaian sistematis untuk planet-planet pengembara yang mungkin tidak terdeteksi. Menemukan lebih banyak planet ini akan membantu para peneliti mempelajari bagaimana planet-planet terbentuk dan apa yang menyebabkan beberapa di antaranya pada akhirnya terlepas dari bintangnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini