Dijadwalkan Terbang Oktober, SpaceX Siapkan 4 Astronot

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 16 2266520 dijadwalkan-terbang-oktober-spacex-siapkan-4-astronot-CZZ19BKu7B.jpg Dragon Capsule. (Foto: NASA)

JAKARTA - SpaceX tengah menyiapkan misi untuk astronot NASA berikutnya. Misi tersebut, dijadwalkan akan terjadi pada akhir Oktober.

Kapsul Crew Dragon, yang akan meluncurkan penerbangan Crew-1 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, telah tiba di Florida pada 18 Agustus.

Pesawat ruang angkasa tersebut melakukan perjalanan dari markas SpaceX di Hawthorne, California, dan sekarang sedang diproses di fasilitas perusahaan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral. Crew-1, akan lepas landas dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di atas roket SpaceX Falcon 9.

Space X crew

Melansir dari Space, Crew-1 adalah misi dengan awak operasional pertama, yang akan diterbangkan SpaceX ke stasiun NASA di bawah kontrak senilai USD2,6 miliar oleh perusahaan Elon Musk, dengan badan tersebut pada tahun 2014. Crew-1 akan lepas landas paling lambat 23 Oktober.

Penerbangan tersebut, akan membawa empat astronot: Michael Hopkins dari NASA, Victor Glover dan Shannon Walker , dan pesawat luar angkasa Jepang Soichi Noguchi. Crew-1 akan berlangsung sekitar enam bulan.

Seperti SpaceX, Boeing memegang kontrak awak komersial dengan NASA, yang akan dipenuhi oleh raksasa kedirgantaraan menggunakan kapsul yang disebut CST-100 Starliner. Sayangnya, Starliner belum siap menerbangkan astronot dan harus terlebih dahulu melakukan uji terbang tanpa awak ke stasiun, misi ini dijadwalkan berlangsung akhir tahun 2020.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini