Teleskop Luar Angkasa Tangkap Ledakan Supernova Raksasa di Galaksi Meathook

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 16 2266677 teleskop-luar-angkasa-tangkap-ledakan-supernova-raksasa-di-galaksi-meathook-GMp3565Iyj.jpg Galaksi Meathook. (Foto: NASA)

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menangkap gambar galaksi yang megah dengan bentuk yang sangat tidak biasa. Galaksi tersebut, kemudian dinamakan NGC 2442 alias Meathook galaxy.

Tapi, Galaksi bernama NGC 2442 itu jelas bukan galaksi run-of-the-mill. Dalam galaksi ini, terjadi Supernova raksasa karena ledakan saat bintang bermassa tertentu mati.

Melansir dari BGR, dalam kasus NGC 2442, NASA percaya bahwa sepasang bintang biner bertanggung jawab atas ledakan tersebut, di mana salah satu bintang terus-menerus menyedot material dari sesama bintang.

Menurut NASA, Galaksi Meathook adalah tempat dari terjadinya ledakan besar supernova, yang dikenal sebagai SN 2015F, yang diciptakan oleh bintang katai putih. Katai putih adalah bagian dari sistem bintang biner dan menyedot massa dari pasangannya.

Galaksi Meathook

Hal itu yang membuat bintang menjadi tidak seimbang, dan memicu fusi nuklir tak terkendali yang menyebabkan ledakan besar supernova. Seperti yang telah dipelajari dari pengamatan ledakan supernova lainnya, ledakan tersebut cenderung bertahan selama beberapa waktu.

Sedangkan untuk galaksi itu sendiri, Hubble telah berhasil menangkap sebagian besar galaksi dengan sangat detail. Terlihat pusat yang terang benderang, dikelilingi oleh daerah pembentuk bintang dan massa debu dan gas yang muncul sebagai bercak hitam yang melapisi tepinya.

Ini jelas menjadikannya galaksi yang tidak "normal". Teleskop Luar Angkasa Hubble telah beroperasi selama 30 tahun, yang merupakan pencapaian tersendiri.

Dan jika semuanya terus berjalan dengan baik, teleskop diperkirakan akan bertahan hingga 2030 dan bahkan mungkin hingga 2040-an.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini