Share

Peneliti Temukan Dinosaurus Ichthyosaurus Makan Hewan Laut Sebesar 4 Meter

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 16 2266761 peneliti-temukan-dinosaurus-ichthyosaurus-makan-hewan-laut-sebesar-4-meter-xoYcjua0vR.jpg Ichthyosaurus. (Foto: Todd Marshall)

JAKARTA โ€“ Peneliti menemukan fakta mengejutkan dari dinosaurus zaman Trias Tengah. Penelitian ini melibatkan sisa fosil megapredator laut yang hidup 240 tahun lalu, dan diidentifikasi sebagai jenis Guizhouichthyosaurus.

Melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal iScience, fosil tersebut ditemukan di barat daya China, pada 2010 dan termasuk dalam spesies Ichthyosaurus si predator. Dilansir Fox News, dari sisa fosil, para peneliti menemukan reptil besar lain yang tertinggal di dalam perut sang predator.

Temuan ini diyakini sebagai sisa makanan terakhir dari Guizhouichthyosaurus, sebelum pada akhirnya ia mati setelah melahap mangsanya. Mengejutkannya, mangsa tersebut memiliki ukuran sepanjang 12 kaki atau 4 meter, hanya 3 kaki lebih pendek dari sang predator, yang memiliki panjang 15 meter atau 5 meter.

Dari hasil identifikasi peneliti, mangsa tersebut diyakini sebagai spesies Xinpusaurus xingyiensis. Spesies ini dikenal sebagai sejenis reptil laut dalam spesies thalattosaurus, yang memang memiliki ukuran lebih kecil.

Ichthyosaurus

Namun, hal ini menjadi lebih mengejutkan karena berdasar dari temuan sebelumnya, Ichthyosaurus bukanlah predator puncak dan dikenal sebagai pemangsa hewan lunak seperti cumi-cumi. Temuan itu awal mulanya diidentifikasi berdasar pada gigi Ichthyosaurus yang dikenal tidak memiliki tepi runcing.

Gigi tersebut cenderung lebih cocok digunakan untuk menangkap makhluk lunak, dibandingkan mangsa lain yang lebih padat atau bahkan berukuran hampir sama besar.

"Kami selalu menebak dari bentuk gigi dan desain rahang bahwa predator ini pasti memangsa mangsa besar, tapi sekarang kami memiliki bukti langsung bahwa mereka memangsa,โ€ ucap profesor University of California Davis dan rekan penulis, Ryosuke Motani dalam sebuah pernyataan, dikutip Fox News.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Dengan penemuan baru ini, peneliti menjadi yakin bahwa ada lebih banyak dinosaurus zaman Mezoikum dengan ciri serupa, yang menjadi predator ganas di dunia. Meski begitu, hingga kini temuan ini belum dapat dipastikan apakah Ichthyosaurus memang sengaja berburu thalattosaurus atau hanya mengais makanan.

Sebagai gambaran, Ichthyosaurus atau โ€œkadal ikanโ€, adalah penghuni laut yang memiliki bentuk tubuh serupa dengan belut air di zaman modern. Namun hingga kini belum dapat diidentifikasi spesies vetebrata modern mana yang menjadi kerabat terdekat dari Ichthyosaurus.

Berbeda dengan dinosaurus lainnya, ia tidak bertelur dan justru melahirkan keturunannya. Selain itu, dari sekian banyak fosil yang ditemukan, termasuk temuan Ichthyosaurus berusia 205 juta tahun pada April 2018, dinosaurus satu ini termasuk dalam salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini