Berkat Masyarakat, Ilmuwan Temukan 1.500 Bintang Baru

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 16 2266773 berkat-masyarakat-ilmuwan-temukan-1-500-bintang-baru-xFWOePJ47x.jpg Ilustrasi. (Foto: NOIRLAB)

JAKARTA - Para peneliti melaporkan penemuan hampir sebanyak 100 katai coklat atau objek sub-bintang yang berada di lingkungan Matahari. Dalam kumpulan objek kosmik, katai coklat berada di antara bintang dan planet, tapi tak cukup masif untuk memulai fusi nuklir tetapi juga tidak seperti planet.

Penemuan ini dibantu oleh ilmuwan awam dari masyarakat dari Backyard Worlds: Planet 9, yang mendedikasikan waktu luang mereka untuk menyelidiki sinyal di langit. Dari situ, lebih dari 1.500 bintang baru dan katai coklat telah ditemukan.

Melansir dari IFL Science, 95 katai coklat baru tersebut termasuk yang terdingin dari sampel yang ada, dan penemuan ini dilaporkan dalam The Astrophysical Journal. Penulis utama Aaron Meisner, dari NOIRLab National Science Foundation mengatakan, penemuan ini juga membuka wawasan baru tentang pembentukan dan atmosfer di tata surya.

“Kumpulan katai coklat ini juga memungkinkan kami memperkirakan secara akurat jumlah dunia yang mengambang bebas yang berkeliaran di ruang antarbintang dekat Matahari,” tambahnya.

Bintang baru

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menemukan hipotesis planet 9. Beberapa ilmuwan percaya ini ada di tepi tata surya, beberapa ratus kali lebih jauh daripada jarak Bumi dari Matahari.

Meski demikian, peneliti terus mencari dengan servatorium inframerah, yang juga pandai dalam mencari katai coklat. Jadi, sementara perburuan Planet 9 terus berlanjut, para ilmuwan awam tersebut telah menentukan posisi banyak benda langit baru.

Meisner mengatakan, ini merupakan hal menarik karena bisa ditemukan pertama kali oleh ilmuwan awam. Sejauh ini, para ilmuwan awam telah menyisir triliunan piksel dengan harapan menemukan benda angkasa baru.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini