Mudahkan Belajar Online, Ini Cara Akses Google Classroom

INews.id, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 16 2267165 mudahkan-belajar-online-ini-cara-akses-google-classroom-TayFMEMOdW.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Google Classroom membantu kegiatan belajar siswa di tengah pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 masih melanda dunia, termasuk di Indonesia.

Salah satu cara untuk menghentikan penyebaran virus corona ialah dengan menerapkan physical distancing. Dengan physical distancing, diharapkan laju penularan Covid-19 bisa ditekan.

Dikutip iNews, pandemi Covid-19 mengubah banyak kegiatan offline menjadi online, termasuk belajar. Banyak sekolah sekarang menerapkan pembelajaran online demi memutus mata rantai Covid-19 di Indonesia.

Guna mengakomordir pembelajaran online, solusi yang dapat digunakan adalah Google Classroom. Classroom dapat membantu siswa dan pengajar mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi dengan baik.

Jika anak Anda di rumah menggunakan Google Classroom untuk belajar di rumah, caranya mudah. Untuk menggunakan Classroom, Anda dapat masuk ke komputer atau perangkat seluler.

Setelah bergabung di Classroom, anak Anda bisa mendapatkan tugas dari pengajar dan berkomunikasi dengan teman sekelas. Nah, berikut ini panduan untuk bergabung Google Classroom sebagai murid, seperti dijelaskan dalam halaman dukungan Google.

Bergabung dengan Link Kelas

1. Klik class link yang dibagikan oleh guru

2. Pilih akun yang ingin digunakan untuk Classroom. Jika Anda perlu berganti akun, klik Switch accounts sebelum mencoba masuk

3. Lalu klik Join

Bergabung dengan Kode Class

Guru juga dapat mengatakan kode Class agar siswa dapat bergabung. Setelah mendapatkan kode, pergi ke classroom.google.com.

Selanjutnya, Pastikan masuk dengan akun yang benar. Jika sudah masuk dan perlu switch akun, klik profile picture > select atau tambahkan akun. Di atas, klik Join Class +. Kemudian, masukkan kode Class dari guru dan klik Join.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Bikin CV Gratis di Smartphone Anda

Bergabung dengan Undangan E-mail

Para siswa juga bisa bergabung dengan Google Classroom dari undangan e-mail. Berikut ini caranya.

1. Pergi ke classroom.google.com

2. Pastikan Anda masuk dengan akun yang benar

3. Di class card, klik Join

Terima Undangan di dalam E-mail

1. Buka e-mail yang digunakan untuk Classroom

2. Di e-mail invite, klik Join

3. (Opsional) Jika Anda melihat Class not found, klik panah ke bawah dan sigin dengan akun yang Anda gunakan untuk Google Classroom.

4. Klik Join

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini