Gunakan Zoom, Sidang Apple dan Epic Games Digelar Virtual

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 16 2267176 gunakan-zoom-sidang-apple-dan-epic-games-digelar-virtual-0JoXPwOznL.jpg (Foto: News Break)

JAKARTA – Buntut permasalahan dihapusnya Fortnite dari App Store masih berlanjut dan meluas. Tuduhan ‘anti persaingan’ antara Apple dan Epic Games kini telah berlangsung lebih dari satu minggu.

Menyusul gugatan dan mosi dari Epic Games, keduanya baru saja melangsungkan sidang pertama secara virtual – melalui panggilan Zoom – pada Senin (24/8/2020).

Melansir 9to5Mac, berdasarkan sidang yang dilaksanakan, Hakim Yvonne Gonzalez Rogers menyatakan bahwa dirinya menyetujui bahwa Fortnite tidak perlu kembali ke App Store. Itu artinya keputusan Apple untuk menghapus Fortnite bukanlah hal yang salah. Pembelaan Apple perihal pelanggaran kebijakan dapat diterima.

Namun, terlepas dari hal tersebut, sidang masih mempertimbangkan keputusan dari sikap Apple yang akan menutup akun Epic Games yang menjadi buntut dari permasalahan. Mengingat penutupan akun akan memutus akses Epic terhadap teknologi Unreal Engine untuk perangkat iOS dan macOS, dan ini jelas akan berdampak pada pengembang dan perusahaan lainnya.

“Saya dapat memberi tahu Anda sekarang bahwa saya cenderung untuk tidak memberikan kelonggaran sehubungan dengan game, tetapi saya cenderung memberikan bantuan sehubungan dengan Unreal Engine,” ucap Hakim Yvonne Gonzalez Rogers dalam persidangan virtual, dikutip 9to5Mac.

Mengutip The Verge, Hakim Rogers untuk saat ini belum dapat memastikan siapa yang akan menang dalam persidangan. Ia cukup menyayangkan tindakan Apple yang memutus Epic dengan teknologi pengembangnya.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sementara itu, Stephen Nellis – Reporter yang meliput Apple & topik teknologi lainnya – melaporkan bahwa kedua perusahaan masih berada pada tahap pertentangan mengenai waktu persiapan sebelum persidangan lanjutan. Pihak Epic menginginkan hal itu dilakukan selama 4 hingga 6 bulan, sementara Apple merasa persiapan perlu berlangsung selama 6 hingga 8 bulan lamanya.

Dengan itu, kini kasus Epic Gamess dan Apple masih berputar pada permasalahan penghapusan Fortnite saja. Adapun dengan ini belum ada informasi lebih lanjut perihal kapan persidangan lanjutan akan dilakukan. Besar kemungkinan hal tersebut akan terjadi pada 2021.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini