Bikin Konten Esports, Spotify Kerjasama dengan Riot Games

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 16 2267731 bikin-konten-esports-spotify-kerjasama-dengan-riot-games-noZiwbSHRC.jpg (Foto: BOL News)

JAKARTA – Spotify tengah melebarkan sayap dengan merilis section podcast pada platform mereka. Podcast ini bahkan terbagi menjadi beberapa genre populer, salah satunya games.

Perusahaan asal Swedia itu kini tengah menjalin kerjasama dengan Riot Games untuk merilis podcast games khusus. Melansir The Verge, kedua perusahaan rencananya akan menghadirkan podcast khusus untuk game populer League of Legends.

Seri podcast pertama rencananya akan hadir pada musim gugur tahun ini dengan menghadirkan serial sembilan episode. Konten ini akan menayangkan musim ke-10 dari kejuaraan LOL League of Legends, meliputi lagu kebangsaan teratas, wawancara, dan efek suara dari game.

Tidak hanya podcast, melalui kerjasama ini penggemar juga akan dimanjakan dengan konten lain yang tidak kalah menarik. Ini termasuk daftar putar musik eksklusif, salah satunya bertajuk “This is League of Legends” yang sudah tersedia saat ini.

Untuk saat ini setidaknya sudah ada beberapa soundtrack game yang masuk di dalamnya. Namun secara berkala playlist akan terus diperbarui.

Spotify juga berencana untuk mengadirkan satu hari khusus untuk Lagu Kebangsaan Dunia yang setiap tahun dihadirkan Riot Games. Di satu hari itu Spotify akan menyajikan kisah di balik layar dari persiapan lagu yang digunakan sebagai pembuka kejuaraan tahunan League of Legends.

Dilaporkan Screenrant, selain lagu itu penting untuk membuka kejuaraan, hal ini juga menjadi menarik karena sudah berlangsung sejak 2014 dengan menghadirkan artis populer.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Satu alasan mengapa kerjasama ini tampak tidak aneh disebabkan oleh keberhasilan dari Riot Games. Spotify tampak berhasil menemukan peluang baik untuk mengembangkan ranah esport di platform-nya. Mengingat, soundtrack resmi dari League of Legends telah didengar sebanyak 4,8 juta kali. Adapun game itu sendiri telah meraih kesuksesan besar pada 2016 dengan lebih dari 100 juta pemain di seluruh dunia.

Tidak hanya menguntungkan Spotify, ini juga menjadi kabar baik untuk dunia esport. Dengan kemitraan ini, dunia esport juga tampak dapat melebarkan sayapnya lebih luas dibandingkan sebelumnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini