Banyak Orang Bekerja dari Rumah, Google Chrome Di-Upgrade 10% Lebih Cepat

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 16 2267813 banyak-orang-bekerja-dari-rumah-google-chrome-di-upgrade-agar-10-lebih-cepat-0AlmzCiLBe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang memaksa banyak orang akhirnya bekerja dari rumah. Namun, bekerja dari rumah mungkin tidak semaksimal bekerja dari kantor, entah karena spesifikasi komputer yang tidak semaksimal kantor atau karena fasilitas lainnya.

Selain itu, masalah jaringan dan kecepatan internet pun menjadi kendala lain kala bekerja di rumah. Oleh karenanya, Google menambahkan fitur yang dapat membuat penjelajahan web jauh lebih cepat, terutama bagi mereka dengan kebiasaan membuka tab banyak.

Pertama, Google mengumumkan hari ini bahwa tab di Chrome akan 10% lebih cepat. Namun, menangani beban CPU dengan banyak tab bukanlah tujuan utamanya.

google chrome

Pada dasarnya, yang dilakukan Google adalah memungkinkan Anda membuat kategori berbeda, seputar kebiasaan penelusuran Anda. Hal ini pun memungkinkan Anda membangun semacam sistem pengarsipan digital.

Melansir gizmodo, untuk mengaktifkannya Anda bisa melakukan dengan klik kanan pada tab dan pilih "Tambahkan Tab ke Grup", lalu "Grup Baru". Anda kemudian dapat memberi nama kategori baru, menambahkannya ke kategori yang sudah ada, atau memilih warna yang sesuai. Anda juga dapat menutup tab tersebut, untuk membuat lebih banyak ruang.

Fitur lainnya adalah kemampuan untuk sekarang mengisi dan menyimpan PDF di browser Chrome. Namun, fitur yang baru diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, akan memungkinkan Anda membuat draf pdf, sehingga memungkinkan Anda melakukan proses editing meskipun sudah ditutup.

Selain itu, akan ada fitur pratinjau tab, yang berguna jika Anda membuka sejumlah tab yang sama sekaligus. Jika saat ini Anda dapat mengarahkan kursor ke atas tab dan melihat judulnya, pratinjau tab akan membuat cuplikan miniatur halaman dengan gambar thumbnail.

Sejumlah fitur ini, kemungkinan besar akan sangat berguna bagi orang-orang yang bekerja di draf dengan judul yang sama atau dengan beberapa tab yang sama terbuka.

Anda harus memastikan bahwa Anda telah memperbarui Chrome untuk mengakses alat baru. Namun, seperti perubahan baru lainnya, Google menyebut fitur terkadang membutuhkan waktu hingga diluncurkan ke setiap browser.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini