Total Hadiah Rp504 Miliar, TI10 Dota 2 Jadi Turnamen Esports Terbesar

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 16 2267845 todal-hadiah-rp504-miliar-ti10-dota-2-jadi-turnamen-esports-terbesar-n6ZTyHH6rW.jpg The International Dota 2. (Foto: Liquidpedia)

INDUSTRI game memang tengah melonjak beberapa tahun terakhir. Bahkan, beberapa perlombaan, yang kerap disebut dengan electronic-sports atau esports, kerap diadakan.

Hadiah dari turnamen ini pun tidak main-main. Tahun ini, hadiah untuk salah satu turnamen esports tertua, The International 10 (TI10) Dota 2, di USD34,33 juta atau sekira Rp504,21 miliar jika mengacu kurs Rp14.685 per USD.

Melansir Forbes, TI10 secara resmi menjadi hadiah terbesar dalam sejarah esports. Uang hadiah The International 10 ini adalah 25% dari total penjualan item dalam game dalam Dota 2 lewat Battle Pass, Battle Pass Level, dan sejumlah item kosmetik lainnya.

Game dota 2

Saat ini, masih ada beberapa minggu tersisa dalam upaya crowdfunding, yang memungkinkan jumlah itu tumbuh lebih jauh, dengan kemungkinan akan melampaui angka USD35 juta. Pasalnya, uang hadiah terus berkembang selama beberapa minggu terakhir.

Peningkatan total hadiah ini cukup mengejutkan beberapa orang, karena The International 10 telah ditunda hingga 2021 karena pandemi. Biasanya crowdfunding untuk hadiah TI10 memang meningkat di hari-hari terakhir, tetapi tahun ini jelas tidak mungkin.

Valve memposting pembaruan awal minggu ini yang menjelaskan bahwa karena pandemi yang sedang berlangsung, Sirkuit Dota Pro dan The International 10 ditunda tanpa batas waktu yang bisa ditentukan.

Awalnya, Sirkuit Dota Pro diperkirakan dapat kembali seperti yang direncanakan pada musim gugur ini, tetapi dengan pandemi yang masih berlanjut, hal itu jelas tidak memungkinkan.

Dengan TI10 yang ditunda tanpa batas waktu, tidak ada yang tahu bagaimana kelanjutan The International 11 dan Battle Pass-nya. Penggemar Dota 2 mengharapkan Battle Pass setiap musim panas untuk The International, tetapi jika TI10 tidak terjadi sebelumnya maka ada kemungkinan tidak ada battle pass tahun depan.

Hadiah untuk The International memang menjadi yang terbesar yang pernah ada, pada tahun-tahun sebelumnya. Piala Dunia Fortnite adalah satu-satunya penantang nyata untuk The International, dengan kumpulan hadiah USD15 juta untuk turnamen solo dan duo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini