Misi Hope UAE Mengirimkan Foto Perjalanan Menuju Mars

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 16 2268234 misi-hope-uae-mengirimkan-foto-perjalanan-menuju-mars-KLe9VnvyeW.jpg (Foto: MBRSC)

JAKARTA - Misi antarplanet pertama Uni Emirat Arab (UEA) mengirimkan foto dalam perjalanannya ke Mars. Hope UAE diluncurkan dari Jepang menuju Mars pada 19 Juli.

Sekarang, pesawat ruang angkasa itu sudah menempuh seperlima perjalanan panjangnya. Mohammed bin Rashid Al Maktoum, perdana menteri UEA dalam Twitter menuliskan bahwa misi Hope secara resmi berada 100 juta km [60 juta mil] dalam perjalanannya ke Planet Merah.

Melansir dari Space, planet Mars terlihat dari gambar yang ditangkap oleh wahana pelacak bintang. Pelacak bintang dirancang untuk menjaga Hope tetap di jalur.

Selain itu, wahana tersebut juga membawa kamera yang lebih tradisional untuk digunakan setelah tiba di Mars dan memulai pekerjaan sainsnya. Wahana Hope diharapkan tiba di Mars pada Februari 2021.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Direktur proyek dalam misi tersebut, Omran Sharaf mengatakan bahwa timnya telah menyelesaikan manuver koreksi lintasan pertama, dan merupakan tes pertama dari sistem penggerak dan kontrol lintasan Mars Hope. Pertama kalinya enam pendorong Delta-V pesawat ruang angkasa diaktifkan.

Tim merasa senang karena kinerja Mars Hope berada di jalur yang benar sejauh ini. Setelah Hope tiba dengan selamat di orbit di sekitar Mars, pesawat luar angkasa akan mulai mempelajari iklim dan atmosfer Planet Merah setidaknya selama satu tahun Mars (hampir dua tahun Bumi).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini