Wah, Ilmuwan Temukan Ada Parasit Pemakan Lidah Ikan

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 16 2268433 wah-ilmuwan-temukan-ada-parasit-pemakan-lidah-ikan-RRTOQb4gvN.jpg Parasit Pemakan Lidah Ikan. (Foto: CNN)

KEHIDUPAN bawah laut memang masih menyimpan banyak misteri. Baru-baru ini, seorang ahli biologi evolusi menemukan parasit bersembunyi di dalam mulut ikan wrasse. Parasit tersebut, bahkan memakan lidah ikan tersebut dan menggantikannya.

Parasit, kutu pemakan lidah, ditemukan di berbagai ikan dan ekosistem, tetapi belum diketahui sampai sejauh mana. Penemuan ini pun dapat mendorong penelitian lebih lanjut tentang parasit tersebut.

Kory Evans, asisten profesor di Departemen Ilmu Biologi di Universitas Rice, menyebut bahwa ini adalah penemuan yang menarik. Awalnya, Evans tengah mempelajari bagaimana evolusi pada ikan terjadi, karena mereka membentuk setengah dari semua spesies vertebrata.

Ikan wrass adalah keluarga ikan terbesar kedua, dan Evans menciptakan model tiga dimensi kerangka mereka untuk menguji beberapa hipotesis evolusi. Dia memulai proses pemindaian regulernya, dan telah memindai sekitar 200 spesies sejauh ini. Tetapi, minggu ini dalam pemindaian khusus, dia memperhatikan bahwa mulut seekor ikan wrasse penuh dengan serangga.

Parasit pemakan lidah

"Ikan ini seharusnya tidak memakan serangga, hanya makan rumput laut, jadi apa yang terjadi di sini?," katanya menjelaskan, seperti dilansir dari CNN.

Setelah melihat lebih detail, dia menemukan bahwa "serangga" tersebut sebenarnya adalah kutu pemakan lidah, isopoda parasit, yang merupakan sejenis krustasea. Parasit secara diam-diam masuk melalui insang ikan, menetap di lidah mereka dan memutuskan pembuluh darah di sana.

Kutu tersebut, kemudian memakan darah itu sampai lidah mati lalu menggantikan lidah ikan. Itu adalah penemuan yang mengejutkan. "Itu adalah pemindaian pertama saya hari itu," tambah dia.

Ada banyak hal yang tidak diketahui tentang kutu pemakan lidah. Menurut program PBS yang sudah lama berjalan, NOVA, kutu pemakan lidah lebih menyukai ikan kakap. Jadi, apa yang dilakukannya di mulut seorang vegetarian wrasse?

Evans pun tidak yakin. Kutu pemakan lidah bukanlah temuan yang umum dalam CT scan, dan tidak diketahui seberapa umum kutu tersebut di antara ikan. Ini yang pertama dia temukan dalam pemindaian.

Evans mengatakan dia mungkin akhirnya menulis tentang kutu pemakan lidah sebagai "proyek sampingan" setelah proyeknya yang lebih besar pemindaian tengkorak wrasse selesai. Saat ini, dia akan terus mempelajari tengkorak ikan, dan berharap kutu lain akan muncul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini