Arkeolog Temukan Kuburan Massal di Jepang, Ada 1.500 Jenazah Terkubur dalam Lubang Sempit

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 16 2268976 arkeolog-temukan-kuburan-massal-di-jepang-ada-1-500-jenazah-terkubur-di-lubang-sempit-KSa6k6bEiw.jpg Makam di Jepang. (Foto: OSAKA CITY CULTURAL PROPERTIES ASSOCIATION)

ARKEOLOG Jepang berhasil menemukan kuburan kuno yang berisi lebih dari 1.500 jenazah. Kuburan itu dilaporkan berada di Kota Osaka dan berasal dari zaman Edo yang dimulai dari tahun 1.600-an hingga pertengahan 1800-an.

Menurut laporan Fox News, Dewan Pendidikan dan Asosiasi Warisan Budaya Kota Osaka memang telah melakukan penggalian di situs tersebut sejak 1991 lalu. Kuburan bersejarah itu juga dikenal dengan nama ‘Makam Umeda’ atau ‘Kuburan Umeda’, dan termasuk salah satu dari tujuh kuburan bersejarah di Osaka.

“Sisa-sisa yang berhasil digali termasuk tulang manusia. Saat ini kami sedang dalam proses analisis lebih lanjut. Pasalnya, selain manusia, banyak juga hewan yang dimakamkan di kuburan ini," ujar salah seorang Arkeolog.

Makam di Jepang

"Kami menemukan fosil empat anak babi di bagian utara kuburan, dan dua ekor kuda di bagian selatan. Selain itu terdapat pula tulang kucing yang ditemukan dalam bentuk kerangka utuh,” tambah Arkeolog tersebut.

Situs ini terletak di dekat stasius utama Umeda, sekaligus menjadi Jepang sebagai salah satu negara dengan kuburan terbesar setelah Grand Centra, Station di New York, dan King’s Cross di London.

Bila menilik dari kondisi kuburan, para arkeolog mengklaim bahwa kuburan yang mereka temukan itu merupakan kuburan bagi rakyat jelata. Ini disebabkan karena minimnya barang atau benda mati yang ditemukan di lokasi yang sama.

Setiap kuburan di tempat ini juga dibuat melingkar, dengan beberapa tubuh ditemukan tertekuk ke dalam satu lubang. Penguburan massal seperti ini menunjukkan bahwa semua orang meninggal pada waktu yang sama akibat bencana alam atau pandemi.

Menurut laporan media lokal, seluruh jenazah atau tulang yang ada di Kuburan Umeda akan segera dikumpulkan, mengingat di lokasi itu akan dibangun gedung pencakar langit oleh pemerintah Jepang.

Perlu diketahui pula bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Jepang memang sedang gencar-gencarnya menggali lebih dalam kekayaan sejarah yang mereka miliki. Pada 2016, misalnya, mereka berhasil menemukan koin Romawi di sebuah reruntuhan kastil.

Benda itu sontak mencuri perhatian banyak arkeolog untuk mencari lebih banyak lagi peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di negara tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini