Elon Musk Neuralink Tanam Chip ke Otak Babi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 16 2269692 elon-musk-neuralink-tanam-chip-ke-otak-babi-HMLOFlsurs.jpg (Foto: Wired)

JAKARTA - Elon Musk, pendiri SpaceX baru-baru ini mengumumkan chip yang ditanamkan pada otak babi. Babi itu bernama Gertrude, memiliki chip komputer seukuran koin, dikutip BBC.

"Ini seperti Fitbit di tengkorak Anda dengan kabel kecil," kata pengusaha miliarder itu dalam siaran web.

Elon Musk memiliki startup Neuralink yang menerapkan uji coba pada manusia tahun lalu. Antarmuka memungkinkan orang dengan kondisi neurologis untuk mengontrol ponsel atau komputer dengan pikiran mereka.

Musk berpendapat inovasi ini pada akhirnya dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan kondisi seperti demensia, penyakit Parkinson dan cedera tulang belakang.

Teknologi ini diciptakan bagian dari ambisi Musk untuk mengantarkan pada zaman yang disebut Musk sebagai "kognisi manusia super". Sebagian untuk memerangi kecerdasan buatan yang begitu kuat sehingga dia mengatakan bisa menghancurkan umat manusia.

Gertrude adalah salah satu dari tiga babi di kandang yang mengambil bagian dalam demo webcast hari Jumat. Dia membutuhkan waktu beberapa saat untuk pergi, tetapi ketika dia makan dan mengendus sedotan, aktivitas tersebut muncul pada grafik yang melacak aktivitas sarafnya. Dia kemudian mengabaikan semua perhatian di sekitarnya.

Prosesor di otaknya mengirimkan sinyal nirkabel, yang menunjukkan aktivitas saraf di moncongnya saat mencari makanan.

Musk mengatakan perangkat Neuralink asli, yang terungkap lebih dari setahun yang lalu, telah disederhanakan dan dibuat lebih kecil.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

"Ini benar-benar pas di tengkorak Anda. Bisa di bawah rambut Anda dan Anda tidak akan tahu."

Didirikan pada 2017, Neuralink telah bekerja keras untuk merekrut ilmuwan dan ini masih diiklankan oleh Musk di Twitter bulan lalu.

Perangkat yang dikembangkan perusahaan itu terdiri dari probe kecil yang berisi lebih dari 3.000 elektroda yang dipasang pada benang fleksibel yang lebih tipis dari rambut manusia, yang dapat memantau aktivitas 1.000 neuron otak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini