Aplikasi YouTube di iOS Bakal Hadirkan Fitur Picture-in-Picture

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 16 2269897 aplikasi-youtube-di-ios-bakal-hadirkan-fitur-picture-in-picture-fhTAXOY4fH.jpeg Ilustrasi (Foto: 9to5mac)

JAKARTA- Fitur Picture in Picture (PiP) atau gambar dalam gambar telah tersedia untuk pengguna iPad sejak iOS 9 dan mengaktifkanya di iPhone dengan iOS 14. Namun sayang, YouTube belum mendukung fitur tersebut, yang memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil menggunakan aplikasi lain.

Melansir laman 9to5Mac, Minggu (30/8/2020) kabar baiknya YouTube kabarnya mulai menguji fitur pictur-in-picture di aplikasi iOS-nya.

Menurut beberapa laporan di Twitter, picture-in-picture secara perlahan diluncurkan ke beberapa pengguna dengan versi terbaru aplikasi YouTube untuk iOS. Laporan lain mengatakan fitur tersebut hanya berfungsi dengan beberapa video, yang mungkin menunjukkan bahwa YouTube masih menerapkan PiP.

9to5Mac mengonfirmasi fitur tersebut memang sedang diuji, namun dengan sekelompok kecil pengguna. Setelah pengguna mengaktifkan fitur, ini berfungsi seperti di aplikasi lain yang mendukungnya.

Pengguna dapat mulai memutar video lalu menutup aplikasi untuk terus menontonnya di jendela yang lebih kecil.

Video akan tampil di atas layar beranda iOS atau aplikasi lain yang sedang digunakan. Sayangnya, YouTube membatasi pemutaran video di latar belakang di iOS untuk pelanggan YouTube Premium, yang berarti fitur pictur-in-picture juga dibatasi untuk pengguna yang membayar fitur YouTube premium.

Google masih belum mengumumkan kapan pihaknya akan mengaktifkan picture-in-picture di aplikasi YouTube di iOS untuk semua pengguna.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini