Teknologi Chip Memori Perkuat Ponsel Flagship Masa Depan

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 16 2270082 teknologi-chip-memori-perkuat-ponsel-flagship-masa-depan-hqIsaXGj2E.jpg (Foto: Neowin)

JAKARTA – Samsung resmi umumkan produksi massal untuk DRAM LPDDR5 16GB pertama. Perusahaan mengabarkan chip memori itu akan diproduksi oleh Pyeongtek 2, Korea.

Dilansir Slashgear, Pyeongtek 2 merupakan lini produksi dengan skala terbesar yang mampu membuat chip dengan kualitas dan volume tinggi.

Untuk melakukan produksi, Samsung dan Pyeongtek 2 mengandalkan teknologi litografi ultraviolet ekstrim (EUV). Teknologi ini menjadi metode produksi EUV pertama yang digunakan Samsung untuk menciptakan chip memori.

Dengan metode ini, desain ponsel dapat lebih ramping dan bahkan dapat dilipat, namun dengan fungsionalitas yang tidak berkurang.

Mengutip Slashgear, EUV merupakan metode produksi menggunakan “laser dan bahan kimia peka cahaya untuk menggores sirkuit dalam ukuran yang paling tipis dan sekecil mungkin.” Dengan itu, DRAM LPDDR5 16GB Samsung akan memiliki ukuran 30% lebih tipis dari pendahulunya.

Tidak hanya itu, chip ini juga akan menggunakan generasi ketiga 10nm (1z). Dengan itu, teknologi memori canggih milik Samsung diklaim dapat memberikan pengalaman 5G dan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang lebih baik.

Adapun dengan ini, untuk merakit satu buah RAM, Samsung hanya memerlukan 8 buah chip LPDDR5 16GB.

“LPDDR5 16 Gb berbasis 1z mengangkat industri ke ambang baru, mengatasi rintangan perkembangan utama dalam penskalaan DRAM pada node lanjutan. Kami akan terus memperluas jajaran DRAM premium kami dan melampaui permintaan pelanggan, karena kami memimpin dalam menumbuhkan pasar memori secara keseluruhan,” ucap Jung-bae Lee, wakil presiden eksekutif Produk & Teknologi DRAM di Samsung Electronics melalui unggahan web resmi Samsung.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Selain kapasitas yang besar dan menggunakan teknologi EUV, Samsung juga mengklaim DRAM miliknya memiliki kecepatan 6.400 Mbps. Kecepatan ini 16 persen lebih cepat dibandingkan chip memori sebelumnya. Sehingga, dengan teknologi ini pengguna dapat melakukan transfer film-HD sebesar 5GB atau data sebesar 51,2GB dalam waktu 1 detik saja.

Untuk saat ini belum ada informasi lebih lanjut kapan DRAM LPDDR5 16GB akan hadir, atau setidaknya ponsel mana yang akan memilikinya. Namun sejauh ini, chip memori canggih ini dijadwalkan akan digunakan pada ponsel generasi terbaru yang rilis pada 2021.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini