Cegah Lemot, 6 Cara Optimalkan Kecepatan Akses Internet

INews.id, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 16 2270281 cegah-lemot-6-cara-optimalkan-kecepatan-akses-internet-bcd1PX5HTk.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Internet tampaknya menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Dengan internet, komunikasi maupun akses informasi menjadi semakin mudah.

Tentunya, pengguna ingin agar internet yang digunakan memiliki kecepatan stabil. Beberapa hal mungkin perlu Anda perhatikan untuk mengoptimalkan internet agar stabil, bahkan menjadi lebih cepat.

Berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk membuat koneksi internet cepat, dikutip iNews.

Gunakan Koneksi Kabel LAN

Jika Anda mengandalkan Wifi untuk menghubungkan komputer ke internet, coba pertimbangkan untuk beralih ke koneksi kabel. Faktanya, Wifi lebih lambat dibanding koneksi kabel, mirip dengan bagaimana pengisian kabel biasanya lebih cepat dibanding nirkabel.

Sebagian besar komputer desktop akan memiliki port Ethernet yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan kabel LAN. Tapi, jika Anda menggunakan laptop atau desktop tidak mempunyai kabel LAN, opsi beli adaptor LAN ke USB.

Restart Router Anda

Biasanya banyak masalah dengan komputer yang dapat diselesaikan dengan me-restart itu. Pada dasarnya, cara ini untuk menyegarkan koneksi Anda ke ISP yang terkadang dapat membantu mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

Jka Anda memiliki router terhubung ke modem, coba matikan dan hidupkan lagi. Meskipun ini tidak akan secara ajaib mengubah koneksi 100Mbps menjadi koneksi 500 Mbps, Anda berpotensi dapat melihat beberapa keuntungan.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Ubah Posisi Router

Jika Anda mengandalkan Wifi untuk koneksi internet, ada kemungkinan router tidak diposisikan secara optimal untuk memberi sinyal terbaik dan kinerja terbaik. Anda mungkin tidak memperhatikan ini karena ada tempat-tempat tertentu di rumah atau kantor yang membuat cakupannya kurang ideal.

Jika itu terjadi, cobalah untuk memposisikan ulang router dalam posisi yang lebih terbuka sehingga ada sedikit hambatan dalam cara yang dapat menurunkan sinyal. Jika Anda memiliki perute dengan antena eksternal, Anda juga dapat mencoba memindahkannya.

Dapatkan Mesh Router System

Jika reposisi masih tidak berhasil, maka sudah waktunya untuk mempertimbangkan mesh router system. Gagasan di balik ini adalah membantu menyelimuti seluruh rumah dengan Wifi dengan menutupi titik-titik mati.

Sebagian besar router mesh Wifi juga cukup kecil dan tidak mencolok serta semua yang mereka butuhkan adalah sumber daya. Artinya, Anda tidak perlu khawatir tentang menyeret kabel LAN di seluruh rumah Anda. Secara teori Anda bisa menempatkannya di ruangan yang Anda inginkan.

Scan Malware

Berbicara soal aplikasi yang berjalan di background, Anda kemungkinan juga ingin mempertimbangkan memindah komputer Anda dari malware. Mirip dengan aplikasi background, malware juga dapat memengaruhi kecepatan internet Anda dengan mengunduh di background atau mengirimkan data yang dapat memengaruhi bandwidth yang tersedia.

Hal yang membuat keadaan lebih buruk malware tidak mudah terdeteksi dibanding aplikasi background karena kebanyakan dari mereka berusaha menyembunyikan diri sehingga tidak mudah dihapus. Jadi, dengan memindai PC dari malware dan menghapus potensi virus, itu tidak hanya meningkatkan cara komputer beroperasi tapi koneksi internet Anda.

Putuskan Sambungan yang Tidak Digunakan

Jika Anda memiliki rumah pintar dengan selusin perangkat semua terhubung ke internet, bisa menggunakan kecepatan internet Anda. Jika Anda menemukan internet agak lambat, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memastikan perangkat tertentu dari internet saat tidak digunakan atau perangkat yang jarang Anda gunakan.

Ini karena beberapa perangkat ini mungkin terus mencari koneksi baik untuk mengunggah atau mengunduh informasi, yang kesemuanya berkontribusi pada konsumsi bandwidth internet. Jadi dengan mematikannya, Anda dapat berpotensi membebaskan beberapa bandwidth untuk membantu internet Anda merasa lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini