Peneliti Temukan Galaksi Mirip Pesawat Tempur Star Wars Milik Darth Vader

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 16 2270308 peneliti-temukan-galaksi-mirip-pesawat-tempur-star-wars-milik-darth-vader-20En16qcJ7.jpg Pesawat Luar Angkasa Star Wars. (Foto: Situs Star Wars

NASA telah menemukan galaksi aktif baru yang cukup unik. Galaksi ini juga sangat familiar bagi penggemar Star Wars. Pasalnya, galaksi ini berbentuk seperti salah satu kapal di film fiksi Star Wars.

Galaksi unik ini, berbentuk seperti pesawat TIE tipe petarung milik Kekaisaran. Sayangnya, galaksi ini kemungkinan berada di luar jangkauan manusia pada jarak 500 juta tahun cahaya jauhnya.

Galaksi tersebut ditemukan di konstelasi Cassiopeia, dan dianggap "aktif" karena banyaknya cahaya yang dipancarkannya. Para peneliti memperhatikan galaksi sebagai sumber sinar gamma pada tahun 2015, tetapi baru-baru ini melihat lebih dekat.

Galaksi Star Wars

"Kami memperbesar jutaan kali lebih dekat di galaksi," kata Matthew Lister dari Universitas Purdue seperti dilansir dari The Sun.

"Pertama kali saya melihat hasilnya, saya langsung mengira itu tampak seperti petarung TIE Darth Vader dari Star Wars Episode IV - A New Hope," tambah dia..

Menurutnya, ini adalah temuan yang menyenangkan. Ditambah lagi, kemunculannya pada frekuensi radio yang berbeda juga membantu ilmuwan mempelajari lebih lanjut, bagaimana galaksi aktif dapat berubah secara dramatis pada skala waktu dekade.

Para peneliti menggunakan Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi NASA dan Observatorium Sinar-X Chandra untuk menangkap galaksi tersebut. Bentuknya yang unik, adalah hasil dari dua pancaran partikel berenergi tinggi.

Galaksi Star Wars

Partikel-partikel ini bergerak hampir dengan kecepatan cahaya ke arah yang berlawanan, menciptakan penampilan seperti pesawat TIE petarung. Pesawat ini pun sangat terkenal, lantaran tokoh antagonis utama Darth Vader mengemudikan pesawat tempur TIE jenis ini, dalam trilogi Star Wars yang asli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini