Game Pokemon Go Hentikan Dukungan untuk Ponsel OS Lawas

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 16 2270803 game-pokemon-go-hentikan-dukungan-untuk-ponsel-os-lawas-oxRIuF4DtG.jpeg (Foto: Pokemongohacker)

JAKARTA – Melalui unggahan pada akun Twitter @PokemonGoApp (1/9/2020), Niantic umumkan game Pokemon Go akan memberhentikan dukungan untuk beberapa perangkat pada Oktober mendatang. Pemberhentian ini akan berlaku untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi (OS) lawas seperti Android 5, iOS 10, dan iOS 11. Selain itu, ini juga akan berlaku pada ponsel iPhone 5s dan iPhone 6.

Dengan ini, maka semua perangkat dengan sistem lebih rendah dari Android dan iOS yang disebutkan juga tidak akan mendapat dukungan. Itu artinya segala pembaruan yang akan datang tidak akan tersedia lagi untuk sebagian pengguna.

Meski begitu Slash Gear melaporkan, sebelum pembaruan baru tersedia, pengguna dengan sistem lawas masih dapat memainkan game tersebut.

Namun, sebagaimana disampaikan 9to5Mac, hal ini juga tidak dapat memastikan apakah game akan benar-benar berakhir untuk perangkat lawas. Adapun pemberitahuan ini masih cukup membingungkan, mengingat iPhone 6 memiliki seri lain yakni 6s – yang saat ini tidak pasti apakah termasuk atau tidak. Tapi sekalipun Anda dapat memainkannya, tentu hal ini tidak akan memberikan pengalaman serupa dengan ponsel lain.

Beberapa penggemar juga membagikan kekesalan dan kekecewaannya melalui unggahan Twitter. Salah satunya pengguna bernama Sunburst Senshin (@Sunburst Senshin), “Permisi? Itu tidak keren! Dan saya tidak membeli ponsel baru untuk memainkan game ini! iPhone 6s saya masih berfungsi dengan baik dan saya masih sering bermain game, meskipun ada bug dan gangguan yang ditimbulkannya. Mengapa Anda perlu menghentikan dukungan pada perangkat?”.

Selain Sunburst, pengguna lain juga ada yang mempertanyakan perihal pembelian dalam game mereka. Mengingat jika game berakhir, maka pembelian akan menjadi sia-sia. Adapula yang merasa kecewa karena sebagian pemain muda menggunakan ponsel orangtua mereka, yang tidak menutup kemungkinan tidak kompatibel. Sehingga hal ini tentunya cukup mengecewakan.

“Semua orang tidak dapat membeli ponsel terbaru dan terhebat. Bagaimana dengan anak-anak kecil yang bermain menggunakan ponsel orangtua mereka. Anda akan kehilangan pemain generasi baru dan pemain bermain gratis,” ucap Brenda L melalui unggahan @b_roll_17.

Baca juga: Cikal Bakal Komputer Modern Berawal dari Temuan Charles Babbage

Terlepas dari keluhan tersebut, keputusan Niantic untuk memberhentikan dukungan Pokemon Go pada beberapa perangkat sebenarnya bukanlah hal yang tidak mungkin. Game tersebut kini terus berkembang dengan mendapatkan fitur-fitur baru seperti Mega Evolution, yang tentunya tidak akan kompatibel dengan beberapa perangkat.

Terlebih, game ini berbasis Augmented Reality (AR) dan GPS yang membutuhkan kompatibilitas tinggi. 9to5Mac melaporkan jika pengguna Apple memerlukan perangkat dengan prosesor 64-bit dan dukungan iOS10 atau yang lebih baru. Tentunya syarat ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini