Rover Curiosity NASA Tangkap Gambar 'Setan Debu' di Mars

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 16 2270837 rover-curiosity-nasa-tangkap-gambar-setan-debu-di-mars-qpOqqSMgFc.jpg (Foto: Phys)

JAKARTA - Akhir-akhir ini angin kencang sedang melanda Kawah Gale di Mars. Rover Curiosity NASA telah memotret pemandangan lanskap untuk mengawasi aktivitas angin.

Melansir dari Cnet, upaya rover telah berhasil mendapatkan GIF pemandangan dari 'setan debu' yang saling bersahutan di kejauhan. Menemukan 'setan debu' di Mars bisa jadi hal yang rumit, karena membutuhkan banyak pemrosesan gambar.

Tetapi ilmuwan atmosfer Claire Newman, anggota tim Curiosity dengan Aeolis Research mengatakan 'setan debu' kali ini sangat mengesankan, sehingga dapat dilihat lebih dekat.

Curiosity mengambil "film setan debu" di mana ia mengamati bagian kawah, mengambil banyak gambar selama periode waktu tertentu. Para peneliti melihat formasi, ukuran, arah, dan durasi angin puyuh.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kiamat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Curiosity melakukan bagiannya untuk memberi para ilmuwan gambaran yang lebih lengkap tentang angin dan debu yang dapat menjelajahi planet merah. Newman juga mengatakan, pengukuran debu akan membantu mereka melacak aktivitas debu regional di Mars yang terlihat dari permukaan dan orbit di sol terbaru.

Mars dikenal dengan badai debu yang mengesankan, termasuk badai global pada tahun 2018 yang melumpuhkan rover Opportunity NASA yang berumur panjang. Tidak seperti Opportunity, Curiosity tidak mengandalkan panel surya untuk tetap hidup sehingga debu dan angin tidak akan menghentikannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini