Qualcomm Snapdragon 732G Perkuat Smartphone untuk Bermain Game

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 16 2270949 qualcomm-snapdragon-732g-perkuat-smartphone-untuk-bermain-game-Bz29EWUdPI.jpg (Foto: Forbes)

JAKARTA – Perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat (AS), Qualcomm Technologies, Inc umumkan seri chipset Snapdragon terbaru. Melalui unggahan blog pada Senin (31/8/2020), seri chipset terbaru ini bernama Qualcomm Snapdragon 732G dan menjadi versi upgrade dari seri 730G.

Meski termasuk chipset kelas menengah, Qualcomm mengklaim Snapdragon 732G dapat memberikan pengalaman bermain game yang imersif. Hal ini mendukung teknologi Artificial Intelligence (AI) dengan kecerdasan, kecepatan, dan kinerja yang dipercepat, “termasuk GPU dan CPU yang ditingkatkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.”

Percepatan yang dimaksud akan meliputi kecepatan clock inti dari Qualcomm Kryo 470 CPU Prime yang mencapai kecepatan hingga 2,3 GHz. Ini lebih cepat 0,1 GHz dibandingkan seri 730G yang hanya mencapai kecepatan 2,2 GHz. Selain itu, GPU Qualcomm Adreno 618 pada chipset Snapdragon 732G dapat mendukung rendering grafis 15% lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dengan keunggulan itu, pengguna dapat mengakses game dengan kualitas gambar yang otentik. Ini dikatakan akan memberikan gambar HDR yang mendukung satu miliar warna dengan kecerahan 10x lebih cerah. Selain itu, fluiditas dan realisme game juga dikatakan akan mengalami peningkatan.

Terlepas dari peningkatannya, secara keseluruhan Snapdragon 732G masih memiliki kesamaan dengan pendahulunya. Salah satunya teknologi pemrosesan yang masih menggunakan teknologi 8nm serupa dengan 730G. Jaringan masih didukung Modem Snapdragon X15 LTE dengan kecepatan unduhan 800 Mbps.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sementara itu, untuk pengambilan video seri 732G masih didukung dengan Computer Vision ISP (CV-ISP) yang dapat merekam Video HDR 4K. Untuk saat ini, Snapdragon 732G rencananya akan pertama kali hadir melalui ponsel POCO.

Melansir XDA Developers, kemungkinan ini akan hadir pada seri POCO X3 FNC yang memang sudah diperbincangkan selama beberapa waktu. Meski begitu, terkait kepastiannya, baik Qualcomm dan POCO belum memberikan informasi lebih lanjut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini