8BitDo Hadirkan 'Controller Ding Dong' untuk Nintendo Switch

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 16 2270967 8bitdo-hadirkan-controller-ding-dong-untuk-nintendo-switch-Wzsllew6hL.jpg (Foto: 8BitDo)

JAKARTA – Perusahaan perangkat keras untuk video game, 8BitDo, perkenalkan Arcade Stick nirkabel terbaru. Perangkat pengendali itu mengingatkan perangkat Ding Dong yang pernah populer beberapa dekade lalu.

Terlihat seperti gabungan dari Nintendo Entertainment System (NES) dan kabinet Street Fighter V, ia diklaim ramah terhadap mod. Anda dapat menggunakannya sebagai pengontrol Nintendo Switch maupun PC [X-Input] dan cocok untuk pengguna yang senang dengan game bertarung.

Melansir Engadget, berbeda dengan pendahulunya N30, Arcade Stick ini diklaim dapat dikustomisasi menyesuaikan setiap pemain. Kemampuan ini didapat dari perangkat lunak Ultimate perusahaan yang mendukung pemetaan ulang tombol pada papan Arcade Stick.

Sehingga saat pengguna beralih dari Switch ke PC [X-Input], tata letak tombol dinamis secara otomatis akan berubah sesuai kombinasi yang dibutuhkan.

Namun tidak hanya melalui perangkat lunak, dari segi fisik hal ini juga memungkinkan. “Arcade Stick sangat dapat dimodifikasi. Anda dapat menukar tombol arcade 30mm / 24mm. Arcade Stick bahkan dirancang dengan pelat pemasangan joystick universal. Ini mendukung hampir semua arcade stick yang pernah dibuat: Sanwa JLF / Sanwa JLW Seimitsu / LS 33, 55, 56, 58 / Seimitsu LS 32, 40 / Happ arcade sticks & IL arcade sticks,” tulis perusahaan dalam laman web.

Tidak hanya dapat dikustomisasi, The Verge melaporkan, Arcade Stick milik 8BitDo ini juga didukung dengan jaringan Bluetooth dan wireless 2,4GHz. Sehingga pengguna tidak perlu sibuk dengan kabel yang menjuntai dan kusut saat bermain. Meskipun tentunya Anda masih bisa menggunakan kabel USB-C di bagian bawah papan untuk pengisian daya sebesar 1.000mAh.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Dengan daya sebesar itu, 8BitDo mengklaim bahwa perangkatnya dapat bertahan selama 40 jam pemakaian wireless 2,4GHz. Sementara untuk penggunaan Bluetooth, daya baterai akan bertahan selama 30 jam.

Dengan ini, pengguna dapat menggunakanannya kapanpun dan di manapun. Adapun untuk melakukan isi ulang, Anda akan memerlukan waktu selama 4 jam pengisian.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini