Ahli Paleontologi Berhasil Ciptakan Peta Interaktif Ratusan Juta Tahun Lalu

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 16 2271328 ahli-paleontologi-berhasil-ciptakan-peta-interaktif-ratusan-juta-tahun-lalu-qDYCtbDRnQ.jpg Peta Dinosaurus. (Foto: dinosaurpictures.org)

SEORANG ahli paleontologi di California berhasil membuat Peta interaktif online ratusan tahun lalu. Dalam peta tersebut, kita bisa melihat bagaimana bentuk rumah kita ratusan juta tahun lalu sebelum pergeseran benua.

Ian Webster, yang merancang peta tersebut, mengatakan bahwa itu dibuat untuk memicu daya tarik dan menghormati para ilmuwan yang bekerja setiap hari, untuk lebih memahami dunia kita dan masa lalunya.

Webster merancang peta interaktif menggunakan aplikasi web, yang meminjam model geologi dari ahli geologi dan paleografer Christopher Scotese. Peta tersebut memungkinkan pengguna untuk memasuki lokasi mana pun, dan kemudian melihat di mana lokasinya selama 750 juta tahun terakhir.

“Perangkat lunak saya 'meng-geocode' lokasi pengguna dan kemudian menggunakan model (Scotese) untuk menjalankan lokasi mereka mundur dalam waktu," kata Webster seperti dilansir dari Fox News

Peta Dino

“Saya membuat sendiri visualisasi globe interaktif dan geocoding, serta integrasi GPates sehingga orang dapat memasang lokasi mereka sendiri,” jelas dia.

Jika Anda ingin mengecek seperti apa kampung halaman Anda jaman dulu, coba saja cek dinosaurpictures.org. Peta tersebut bahkan menunjukkan dinosaurus apa yang berkeliaran di dekatnya, serta kapan bunga pertama mekar.

“(Peta) juga berisi kejutan menyenangkan, misalnya bagaimana AS dulu terbelah oleh laut dangkal, Appalachian dulunya adalah pegunungan yang sangat tinggi sebanding dengan Himalaya, dan Florida dulu terendam,” kata Webster.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini