Apple Rilis iOS 13.7 dengan Fitur Pelacakan Covid-19

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 16 2271427 apple-rilis-ios-13-7-dengan-fitur-pelacakan-covid-19-VyScpU2YSu.jpg (Foto: Macworld)

JAKARTA - Apple merilis iOS 13.7 dengan menambahkan dukungan sistem pemberitahuan eksposur baru untuk mendukung pelacakan Covid-19. Ini merupakan sistem perpanjangan dari upaya pelacakan kontak virus korona yang ada tanpa harus menginstal aplikasi khusus.

Tingkatan fitur pelacakan tersebut hasil kolaborasi Apple bersama dengan Google. Mengutip dari The Verge, bagi pengguna perangkat Android file konfigurasi akan membutuhkan aplikasi khusus, sedangkan iOS akan hadir dalam pengaturan sistem kontak tingkat OS-nya.

Sistem pelacakan ini dirancang untuk memberi tahu seseorang ketika mereka mungkin telah melakukan kontak dengan orang lain yang didiagnosis terkena Covid-19. Apple dan Google memastikan untuk mengklarifikasi bahwa aplikasi yang ada juga akan terus berfungsi.

Baca juga: Cikal Bakal Komputer Modern Berawal dari Temuan Charles Babbage

Dukungan protokol pertama kali ditambakan ke iOS pada bulan Mei dengan rilis iOS 13.5. Namun, saat itu untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19 harus memiliki aplikasi yang dikembangkan oleh badan kesehatan masyarakat yang menggunakan API.

Apple bersama dengan Google memberikan pernyataannya, bahwa Exposure Notifications Express memberikan opsi lain bagi otoritas kesehatan masyarakat untuk melengkapi operasi pelacakan kontak mereka yang sudah ada dengan teknologi tanpa mengorbankan prinsip inti proyek tentang privasi dan keamanan pengguna. Kini, Anda dapat mengunduh iOS 13.7 yang sudah tersedia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini