SpaceX Pasang Booster "Super Heavy" di Roket Starship

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 16 2271479 spacex-pasang-booster-super-heavy-di-roket-starship-ChSLzP51RC.jpg Ilustrasi Roket Starship SpaceX. (Foto: SpaceX/Cnet)

JAKARTA – CEO SpaceX Elon Musk mengatakan bahwa perusahaan roketnya dapat memulai konstruksi prototipe pendorong untuk dipasangkan di Starship pada minggu ini. Prototipe terbaru dari Starship itu diklaim bisa mencapai ketinggian sekira 500 kaki atau 150 meter.

Starship adalah platform SpaceX untuk membawa manusia ke bulan, Planet Mars, dan sekitarnya. Guna mencapai tujuan luar angkasa tersebut, rencananya adalah dengan memasangkan Starship dengan booster tahap pertama yang kuat disebut "Super Heavy".

Baca juga: Peneliti Buktikan Face Shield Tidak Efektif Melindungi dari Virus 

Elon Musk. (Foto: SpaceX)

Dikutip dari Cnet, Rabu (2/9/2020), sejauh ini propotipe awal Starship terbaru melakukan uji terbang singkat atau bisa disebut "lompatan". Elon Musk menambahkan bahwa Super Heavy mungkin memiliki 28 mesin Raptor dari total 31, dan masih akan meningkatkan daya dorong dari mesin tersebut.

Ia mengatakan mungkin saja Raptor dapat mengangkat 200 kali beratnya sendiri. Elon Musk pun menargetkan prototipe Starship pada tahun depan bisa terbang lebih tinggi dari sekadar lompatan.

Percobaan pertama mungkin saja tidak berhasil, karena wilyahnya yang belum pernah dipetakan. Ini juga merupakan roket orbit pertama yang digunakan kembali sepenuhnya dengan membawa roket dengan dua kali ukuran Saturn V yang dibawa astronot ke bulan.

Baca juga: Tips Membuat Avatar Diri Sendiri di Facebook 

Starship SpaceX. (Foto: Neowin)

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini