WhatsApp Hadirkan Lagi Mode Liburan dan Fitur Arsip Otomatis

Hantoro, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 16 2272053 whatsapp-hadirkan-lagi-mode-liburan-dan-fitur-arsip-otomatis-LXiOJrlBFQ.jpg Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Freepik)

SETELAH menyimpan mode liburan (vacation mode) beberapa minggu lalu, WhatsApp mulai mengerjakan fitur itu lagi. Fitur tersebut kini dalam pengembangan.

WhatsApp telah mengembalikan fitur mode liburan yang populer di pembaruan Android beta terbaru. WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur lain, termasuk obrolan arsip otomatis. Fitur mode liburan memungkinkan pengguna mematikan notifikasi dari obrolan yang diarsipkan.

Baca juga: India Larang PUBG Mobile dan 117 Aplikasi Lainnya 

WhatsApp diketahui sedang mengerjakan banyak fitur menarik dan dapat dilihat cuplikannya sesekali. Sesuai laporan, WhatsApp telah mengembalikan fitur mode Liburan yang populer di pembaruan Android beta terbaru. Bersamaan dengan ini, fitur lain termasuk obrolan arsip otomatis juga sedang diuji. Semua fitur sedang dalam pengembangan dan WhatsApp akan meluncurkannya secara resmi jika sudah bebas dari bug.

Sesuai Wabetainfo, setelah mengesampingkan mode liburan beberapa minggu lalu, WhatsApp telah mulai mengerjakan fitur itu lagi.

"WhatsApp telah memutuskan untuk menerapkan mode liburan lagi dalam bentuk baru. Akan ada bagian khusus baru untuk mode liburan yang memungkinkan pemilihan parameter berbeda. Ketika fitur baru akan diaktifkan, obrolan yang diarsipkan akan dipindahkan ke bagian atas daftar obrolan Anda," demikian isi laporan pelacak fitur WhatsApp, dikutip dari India Today, Kamis (3/9/2020).

Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Unsplash)

Fitur mode liburan yang tampaknya berfungsi di WhatsApp selama lebih dari setahun belakangan, sekarang akan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan pemberitahuan dari obrolan yang diarsipkan.

Namun dalam pembaruan terbaru ditemukan bahwa WhatsApp akan memberikan dua opsi kepada pengguna untuk menangani obrolan yang diarsipkan. Opsi Beri Tahu Pesan Baru (The Notify New Messages) dan Sembunyikan Otomatis (Auto Hide) obrolan tidak aktif.

Baca juga: Avatar Facebook Dukung Fitur Share ke Instagram hingga Twitter 

Opsi pertama jika diaktifkan akan memberi tahu pengguna tentang pesan dari obrolan yang diarsipkan. Lalu jika opsi kedua diaktifkan, WhatsApp akan menyembunyikan obrolan yang tidak aktif selama enam bulan.

Saat ini WhatsApp memungkinkan pengguna mengarsipkan obrolan, tetapi setiap kali ada pesan dari salah satu obrolan yang diarsipkan, pesan itu muncul di bagian atas di jendela obrolan. Namun jika fitur baru diterapkan, pengguna tidak akan mendapat pemberitahuan dari obrolan yang diarsipkan.

WhatsApp telah berhenti bekerja pada fitur ini pada awal Agustus, tetapi sekarang diharapkan fitur tersebut tersedia untuk semua pengguna.

Selain itu, WhatsApp juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna membisukan grup selamanya. WhatsApp juga berencana menghapus opsi satu tahun dengan opsi selamanya. Artinya jika pengguna telah membisukan grup, tidak akan mendapat pemberitahuan dari grup itu.

Baca juga: Ubisoft Uplay Gratiskan Game The Division, Simak Cara Memainkannya 

Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini