Ditemukan "Lebah Pembunuh" Bisa Tumbuh hingga 5 Cm di AS

Hantoro, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 16 2272083 ditemukan-lebah-pembunuh-bisa-tumbuh-hingga-5-cm-di-as-pV621aZyAK.jpg Asian Giant Hornet. (Foto: Twitter @WAinvasives)

PEJABAT pertanian Amerika Serikat mengatakan ditemukan lagi "lebah pembunuh" Asian Giant Hornet di Negara Bagian Washington. Sebanyak dua lebah raksasa Asia telah ditemukan di sana. Asian Giant Hornet merupakan spesies serangga yang agresif. Lebah raksasa Asia ini menimbulkan risiko besar bagi koloni lebah dan dijuluki "lebah pembunuh".

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Pertanian Negara Bagian Washington menyatakan sedang menyiapkan perangkap eksperimental dengan Departemen Pertanian Amerika Serikat di daerah Birch Bay ketika pejabat menemukan jebakan yang dipasang oleh peternak lebah lokal yang bermitra dengan WSDA. Di dalam jebakan itu ada seorang pekerja Asian Giant Hornet.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Lagi Mode Liburan dan Fitur Arsip Otomatis 

Lebah yang mati itu ditemukan pada 19 Agustus 2020 di area yang sama di mana Queen Asian Giant Hornet yang tidak kawin terperangkap pada Juli lalu.

"Lebah pekerja itu jauh lebih kecil daripada spesimen yang terdeteksi saat itu. Fakta bahwa Asian Giant Hornet berukuran mulai dari 1,5 hingga 2 inci," kata pejabat dalam pernyataan tersebut, dikutip dari Fox News, Kamis (3/9/2020).

Asian Giant Hornet. (Foto: Whatcom County/Washington State Department of Agriculture)

"Ini adalah pengingat yang baik bagi mereka yang memeriksa jebakan untuk tetap membuka mata terhadap spesimen yang lebih kecil juga," lanjutnya.

Baca juga: 5 Tips Bermain Game Mobile Legends untuk Pemula 

Asian Giant Hornet lainnya difoto pada 18 Agustus 2020 oleh seorang warga yang sedang makan di restoran lokal.

"Mereka sedang makan di luar ketika lebah raksasa itu terbang," kata pihak Departemen Pertanian Negara Bagian Washington dalam pernyataannya. "Mereka bisa mendapatkan foto lebah, tetapi lebah itu terbang tanpa tertangkap."

The Washington Invasive Species Council mencatat bahwa ada beberapa spesies serangga yang mirip dengan Asian Giant Hornet. Penampakan pertama Lebah Raksasa Asia di Amerika Serikat terjadi di Negara Bagian Washington selama musim dingin 2019, menurut USDA.

Baca juga: India Larang PUBG Mobile dan 117 Aplikasi Lainnya 

"Mereka dilengkapi dengan rahang (gigi) yang relatif besar dan dapat dengan mudah merobek lebah madu menjadi dua," ungkap USDA dalam sebuah pernyataan. "Biasanya lebah ini tidak akan menyerang lebah madu sampai akhir musim panas atau awal musim gugur, saat pekerja memberi makan ratu baru dan jantan dalam koloni yang akan muncul untuk kawin di musim gugur."

The New York Times telah melaporkan bahwa di Jepang, Asian Giant Hornet membunuh hingga 50 orang setiap tahun. Namun Earth Sky, mengutip ahli entomologi yang pernah tinggal di Jepang, melaporkan bahwa deskripsi Asian Giant Hornet sebagai "lebah pembunuh" menyesatkan.

Baca juga: Avatar Facebook Dukung Fitur Share ke Instagram hingga Twitter 

Asian Giant Hornet. (Foto: Twitter @WAinvasives)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini