Cara Mudah Bersihkan Komputer agar Terhindar dari Covid-19

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 16 2272150 cara-mudah-bersihkan-komputer-agar-terhindar-dari-covid-19-yCCZeeOtvy.jpg Ilustrasi komputer. (Foto: Unsplash)

SEJAK masa pandemi virus corona (covid-19), hampir semua pekerjaan dilakukan melalui jarak jauh. Banyak orang menghabiskan waktu dengan perangkat elektronik di rumah, termasuk komputer.

Pihak otoritas kesehatan mengatakan virus dapat bertahan lama di objek dan permukaan keras. Maka dari itu, mereka merekomendasikan meski bekerja dari rumah tetap menjaga kebersihan dengan membersihkan benda-benda elektronik, meja, dan barang-barang rumah lainnya yang sering disentuh.

Baca juga: Ditemukan "Lebah Pembunuh" Bisa Tumbuh hingga 5 Cm di AS 

Ilustrasi virus corona (covid-19). (Foto: Okezone)

Mengutip dari The News and Observer, Kamis (3/9/2020), perusahaan teknologi Apple dan Dell menyarankan agar setiap orang mematikan dan mencabut perangkat seperti komputer sebelum dibersihkan. Ketika dilakukan penyemprotan disinfektan, CDC mendorong orang untuk mengikuti instruksi dari pembuat setiap perangkat.

Namun jika tidak tersedia, bisa memakai sarung tangan sekali pakai dan tisu atau semprotan berbasis alkohol yang mengadung setidaknya 70 persen alkohol untuk membunuh kuman.

Disarankan mencampurkan alkohol dan air karena bahan kimia lain berpotensi merusak komponen komputer, seperti mouse dan keyboard berdasarkan Wired Magazine. Lalu untuk menghilangkan kotoran atau debu sebelum disinfeksi, bisa menggoyangkan perangkat atau menggunakan botol udara betekanan.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Lagi Mode Liburan dan Fitur Arsip Otomatis 

Ilustrasi komputer. (Foto: Unsplash)

Menurut Wired, untuk bagian mouse dan keyboard biasanya tidak kedap air. Jadi dengan menggunakan cara yang sama seperti pada smartphone dengan menjaga kelembapan seminimal mungkin dan pastikan mengeringkan semuanya dengan benar.

Pada perangkat lain, jika menggunakan layar sentuh, CDC mendorong orang-orang untuk mempertimbangkan memasang penutup yang dapat dibersihkan.

Baca juga: Google dan Apple Rilis Sistem Pelacakan Covid-19, Ini Cara Kerjanya 

Ilustrasi komputer. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini