Intel Ungkap Prosesor 'Tiger Lake' Terbaru untuk Laptop Tipis

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 16 2272494 intel-ungkap-prosesor-tiger-lake-terbaru-untuk-laptop-tipis-Z5wYG3ojGw.jpg (Foto: Intel Corporation)

JAKARTA - Intel resmi merilis prosesor Intel Core Generasi-11 pada Rabu (2/9/2020). Diberi nama “Tiger Lake”, prosesor terbaru ini didukung dengan grafis Intel Iris Xe.

Dengan grafis itu, hardware ini bisa memperkuat laptop tipis dan ringan yang berbasis Windows dan Chrome OS.

“Prosesor Intel Core Generasi ke-11 baru dengan grafis Iris Xe memberikan kinerja dan daya tanggap yang luar biasa untuk memungkinkan pelanggan Windows di seluruh dunia menjadi lebih produktif dan bersenang-senang saat ini dan di masa depan,” ucap Panos Panay, kepala produk Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Sesuai pernyataan Panos Panay, dengan grafis Intel Iris Xe, Intel menjanjikan pengalaman pengguna menjadi lebih produktif dan menyenangkan. Setidaknya ini dapat mempercepat 20% untuk “office productivity”. Salah satunya mendukung pengeditian foto 2,7x lebih cepat dan video 2x lebih cepat dari sebelumnya.

Selain itu, prosesor generasi-11 ini menjadi prosesor CPU pertama yang dilengkapi dengan Dolby Vision untuk perangkat keras. Ia juga dilengkapi dengan Wi-Fi 6 dan Thunderbolt 4 yang mendukung empat buah port. Ini termasuk port untuk konentivitas universal maupun akses tunggal seperti pengisian daya, monitor eksternal, dan extended storage.

Selain grafis Intel Iris Xe dan pelengkap yang disebutkan, seri Tiger Lake juga diklaim berbasis teknologi proses SuperFin baru milik Intel. Teknologi itu dapat mendukung frekuensi hingga 4,8GHz yang dapat mengefisienkan daya saat mengaktifkan mesin, akselerator, maupun mengoptimalkan perangkat lunak pada perangkat.

Untuk saat ini Intel mengeluarkan sembilan desain prosesor CPU dari generasi-11 Tiger Lake. Sembilan desain ini terbagi atas lima seri UP3 dan empat seri UP4, beberapa di antaranya tidak dilengkapi dengan Intel Iris Xe dan digantikan dengan Intel UHD. Tapi itu hanya beberapa desain terbawah dari setiap seri.

 Intel resmi merilis prosesor Intel Core Generasi-11.

Baca juga: Microsoft Hadirkan Animasi GIF di Keyboard Windows 10

Intel Core i7-1185G7 diklaim unggul dari semua hal yang dibutuhkan. Lengkap dengan Intel Iris Xe dan mendukung grafik 96. Selain itu ia mendukung frekuensi dasar 3,0 GHz, peningkatan inti tunggal 4,8 GHz, dan peningkatan keseluruhan hingga 4,3 GHz.

Untuk saat ini Intel Core Generasi-11 “Tiger Lake” rencananya akan hadir bersama 150 desain PC dari beberapa brand ternama, antara lain Acer, Asus, Dell, Dynabook, HP, Lenovo, LG, MSI, Razer, Samsung, dan lainnya.

Selain memperkenalkan prosesor terbaru, Intel juga mengumukan bahwa mereka akan memulai proyek bernama “Intel Evo”.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini