Apple Menunda Fitur Privasi Baru di iOS 14, Ini Alasannya

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 16 2272603 apple-menunda-fitur-privasi-baru-di-ios-14-ini-alasannya-RvhKDarmDd.jpg Ilustrasi Apple iPhone. (Foto: Unsplash)

APPLE menunda fitur privasi baru yang akan diterapkan pada iOS 14. Sebelumnya Apple bermaksud agar fitur tersebut diterapkan di iOS 14 sekira akhir tahun ini.

Dikutip dari The Verge, Jumat (4/9/2020), fitur pengaturan privasi tersebut akan mewajibkan pengembang meminta izin pengguna dalam mengumpulkan data dan melacaknya di aplikasi seluler dan situs web di iPhone dan iPad.

Baca juga: Realme 7 dan 7 Pro Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya 

Apple menyatakan seharusnya teknologi dapat melindungi hak dasar pengguna atas privasi. Itu berarti perusahaan dapat memberi pengguna tools untuk memahami aplikasi dan situs web mana yang mungkin membagikan data mereka dengan perusahaan lain untuk tujuan periklanan, serta tools untuk mencabut izin untuk pelacakannya.

Apple. (Foto: Geeky Gadgets)

Ketika peraturan diaktifkan, perintah sistem akan memberi pengguna kemampuan untuk mengizinkan atau menolak pelcakan tersebut berdasarkan aplikasi. Dengan penundaan ini, perusahaan memberikan waktu bagi pengembang untuk melakukan perubahan yang diperlukan.

Baca juga: Indonesia Resmikan Kerja Sama Konstruksi Satelit Satria 

Hasilnya, persyaratan untuk menggunakan izin pelacakan ini akan berlaku awal tahun depan. Apple tidak serta merta berperang dengan industri iklan digital dan seluler, tetapi fitur privasinya adalah salah satu perubahan kebijakan pengembang paling agresif dari pembuat iPhone yang telah diperkenalkan baru-baru ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini