Terungkap Ukuran Sebenarnya Hewan Laut Purba 'Megalodon'

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 16 2272616 terungkap-ukuran-sebenarnya-hewan-laut-purba-megalodon-xwRnyubvJF.jpg Hewan laut purba Megalodon. (Foto: Oliver E Demuth/Phys)

MEGALODON menjadi salah satu hewan laut purba yang cukup terkenal. Tidak jarang pula hewan ini muncul di beberapa film Hollywood seperti The Meg (2018), Megalodon (2018), dan Mega Shark vs Crocosaurus (2010). Digambarkan sebagai predator laut bertubuh raksasa, sayangnya ukuran asli dari Megalodon belum terungkap sebelumnya.

Namun baru-baru ini, sebagaimana dilaporkan Phys, Jumat (4/9/2020), sekelompok peneliti dari University of Bristol dan Swansea University berhasil mengungkap ukuran asli Megalodon. Tidak hanya dugaan panjang tubuh, penelitian ini juga mengungkap ukuran kepala dan sirip dari sang hiu raksasa.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Anjing "Bernyanyi" yang Dianggap Punah di Papua 

Dari penelitian yang dilakukan, hasilnya menujukkan bahwa Otodus Megalodon –atau dikenal Megalodon– memiliki panjang 16 meter. Ukuran ini masih dapat bertambah hingga 18 meter yang tiga kali lebih panjang dari Great White Shark –kini terkenal sebagai hiu paling menakutkan.

Selain itu, ekor dari Megalodon memiliki panjang sekira 3,85 meter. Sedangkan sirip punggungnya dapat menjulang setinggi 1,62 meter dan kepalanya berukuran 4,65 meter. Secara keseluruhan, ia memiliki bobot seberat 48 ton. Dengan ukuran sebesar itu, seorang manusia dewasa dapat berdiri di atasnya dengan tinggi tubuh tidak jauh berbeda dengan siripnya.

Ukuran raksasa pada dasarnya memang tidak mengejutkan. Mengingat fosil Megalodon yang sudah ditemukan sebagian besar merupakan bagian gigi pemotong sebesar tangan manusia. Dengan gigi sebesar itu ia memiliki kekuatan gigitan lebih dari 10 ton.

Adapun untuk mendapatkan hasil, Jack Cooper selaku pemimpin penelitian –MSc dalam Paleobiologi di Sekolah Ilmu Bumi Universitas Bristol– dan rekannya menggunakan sejumlah metode matematika. Ini juga diawasi oleh ahli hiu Dr Catalina Pimiento dari Universitas Swansea; Profesor Mike Benton, ahli paleontologi; dan Dr. Humberto Ferron dari Bristol.

Baca juga: Ini Deretan Artis Pengisi Suara Superhero Game Gotham Knights 

Dengan metode matematika itu, Jack dan rekannya menentukan ukuran dan proporsi dari sang monster laut. Sebelumnya hal ini dilakukan dengan membandingkan sang monster dengan Great White Shark –yang sejauh ini dianggap kerabat paling dekat. Namun dalam penelitian kali ini, mereka memperluas lingkup penelitian dengan menambahkan lima jenis hiu modern untuk perbandingan.

"Megalodon bukanlah nenek moyang langsung dari Great White tetapi sama-sama terkait dengan hiu makropredatori lainnya seperti Makos, Hiu Salmon dan Hiu Porbeagle, serta Great White. Kami mengumpulkan pengukuran mendetail dari kelima hiu tersebut menjadi membuat prediksi tentang Megalodon," ucap Dr Catalina Pimiento, ahli hiu dari Universitas Swansea, dikutip dari Phys.

Sebelum melakukan pengukuran, Profesor Mike Benton menjelaskan bahwa kelima hiu itu telah diuji terlebih dahulu. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan adanya perubahan proporsi tubuh saat mereka beranjak dewasa. Dengan mengetahui hal ini, peneliti dapat dengan mudah mengambil kurva pertumbuhan dan memproyeksikannya.

Untuk saat ini hasil penelitian telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports. Penelitian ini diberi judul 'Body dimensions of the extinct giant shark Otodus megalodon: a 2D reconstruction' dan dirilis pada Kamis 3 September 2020.

Baca juga: Peneliti Sebut Bumi Mungkin Dipenuhi Data Digital pada 2245 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini