Stasiun Radio Misterius yang Mengudara Hampir Empat Dekade

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 16 2272620 stasiun-radio-misterius-yang-mengudara-hampir-empat-dekade-IT4z3uQxwq.jpg (Foto: Pixabay)

STASIUN radio misterius MDZhB yang telah mengudara selama hampir empat dekade mengejutkan masyarakat karena tidak ada satu pun yang mengklaim bahwa perusahaan ini beroperasi.

MDZhB diucapkan MJB telah menyiarkan nada yang membosankan dan monoton diikuti dengan suara seperti peluit setiap beberapa detik. Selain itu dalam satu minggu, MDZhB kerap mengucapkan beberapa frase acak dalam bahasa Rusia seperti ‘kolek’ atau ‘ahli pertanian’ dan mendengung kembali setelahnya.

Misteri MDZhB telah memesona para penggemar radio di seluruh dunia selama berabad-abad. Teori mengenai tujuan MDZhB berfokus pada alat pemicu perang nuklir, hingga alat berkomunikasi dengan alien. Meski demikian, hingga saat ini belum ada orang yang bisa memecahkan misteri stasiun radio ini.

Melansir dari Oddity Central, Rabu (3/9/2020), semua orang tampaknya tahu tentang MDZhB, sebab sinyal radio tersebut memancar dari dua lokasi di Rusia yakni daerah St. Petersburg dan Moskow. Radio ini beroperasi pada frekuensi yang relatif rendah yang dikenal sebagai gelombang pendek.

Gelombang ini menempuh jarak jauh, sehingga hampir semua orang di dunia dapat mendengarkannya hanya dengan menyetel radio ke frekuensi 4625 kHz. Sayangnya MDZhB bukanlah stasiun radio yang paling menarik untuk didengarkan, tapi penggemar teori radio dan konspirasi telah mendedikasikan selama bertahun-tahun untuk mendengar suara mendengung dari stasiun ini.

Yang paling masuk akal dari semua teori MDZhB adalah fungsinya yang bertindak seperti ‘dead hand’. Dalam kasus serangan nuklir di Rusia, stasiun tersebut akan berhenti mengeluarkan emisi, memicu respons nuklir otomatis dari Tanah Air.

 Stasiun radio misterius MDZhB yang telah mengudara selama hampir empat dekade mengejutkan masyarakat.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Sistem semacam itu dipelopori di era Soviet dan beberapa ahli percaya bahwa sistem tersebut masih mungkin untuk digunakan. Bahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin pun telah berulang kali menunjukkan bahwa tidak ada yang akan selamat dari perang nuklir antara Rusia dan AS.

Ada pula yang percaya bahwa stasiun radio misterius ini adalah pemicu pemusnahan nuklir. Ada pula teori yang mengatakan bahwa MDZhB dikenal sebagai buzzer sebagai alat komunikasi dari jaringan mata-mata ilegal Rusia di seluruh dunia.

Sayangnya teori itu kurang masuk akal, selain frasa pendek yang diucapkan oleh suara pria dan wanita, tidak ada yang lain selain suara mendengung. Penjelasan yang lebih menarik adalah bahwa dengungan hanyalah penanda untuk menghentikan orang menggunakannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini