Ilmuwan Temukan Cara Bikin Keyboard dari Kertas

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 16 2273026 ilmuwan-temukan-cara-bikin-keyboard-dari-kertas-OGQxwfjz1s.jpg (Foto: FlexiLab Purdue/YouTube)

JAKARTA - Ilmuwan mengungkap bahwa proses pencetakan baru bisa mengubah hampir semua kertas atau karton menjadi keyboad. Ini akan memiliki kemampuan tahan air dan bisa dilipat serta dimasukan ke saku Anda.

Inovasi tersebut kabarnya tidak memerlukan sumber listrik. Teknologi ini menggunakan lapisan khusus anti cairan dan debu, yang memungkinkan beberapa lapisan sirkuit dicetak di atas kertas tanpa noda, dikutipĀ Sciencealert.

Di sisi lain kertas atau karton, pencetakan tinta standar kemudian dapat digunakan untuk menunjukkan di mana titik-titik tekanan (tombol). Lapisan ini dapat dicetak dalam desain apa pun yang Anda inginkan, dari keypad numerik hingga kontrol volume.

Terlebih lagi, tidak ada baterai atau colokan listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan keyboard yang sudah jadi. Ini dikenal sebagai nanogenerator triboelektrik atau perangkat TENG, yang mampu diberdayakan sepenuhnya dari sentuhan operator dan energi mekanik yang dihasilkan.

"Ini adalah pertama kalinya perangkat elektronik berbasis kertas bertenaga sendiri didemonstrasikan," kata insinyur biomedis Ramses Martinez, dari Purdue University.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

"Kami mengembangkan metode untuk membuat kertas anti air, minyak, dan debu dengan melapisinya dengan molekul yang sangat berfluorinasi. Lapisan omniphobic ini memungkinkan kami mencetak beberapa lapisan sirkuit ke atas kertas tanpa membuat tinta melumuri dari satu lapisan ke lapisan berikutnya".

Saat bagian cetakan kertas ditekan, mereka dapat mengirimkan sinyal melalui Bluetooth ke perangkat lain - laptop, misalnya. Anda kemudian mendapatkan keyboard ringan yang dapat dilipat yang dapat dibawa ke mana saja dan mudah dibersihkan saat diperlukan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini