Satu Tahun Beroperasi, Twitch Sings Akan Ditutup

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 16 2273393 satu-tahun-beroperasi-twitch-sings-akan-ditutup-rh0eJKR1QI.jpg (Foto: Twitch Blog)

JAKARTA – Twitch menjadi salah satu platform streaming yang cukup populer. Tidak hanya untuk streaming game, awal tahun lalu platform ini mengeluarkan fitur baru bernama ‘Sings’. Dibuat oleh Rock Band Harmonix, ‘Sings’ diperuntukkan sebagai wadah karaoke kreatif.

Sayangnya, melalui unggahan pada laman web, Twitch menyatakan bahwa platform akan resmi ditutup pada 1 Januari 2021. Namun pembersihan data akan dimulai tahun ini pada 1 Desember mendatang. Dengan ini semua video berupa unggahan, sorotan, dan klip – baik individu maupun duet – secara bertahap akan hilang dari platform. Sehingga pengguna diharapkan melakukan backup data sebelum pembersihan dilakukan.

“Komunitas ini telah menginspirasi kami dengan bakat dan semangat mereka, dan kami berterima kasih kepada Anda semua atas apa yang telah Anda berikan kepada Twitch Sings. Pada 1 Desember, kami akan mulai menghapus video dan klip Sings sesuai kewajiban kontrak kami, dan pada 1 Januari, game akan berhenti berfungsi. Semua siaran sebelumnya, video yang diupload, sorotan, dan klip dari Twitch Sings akan dihapus paling lambat 1 Januari 2021,” tulis Twitch pada laman web.

Melansir Eurogamer, Twitch Sings merupakan gebrakan baru yang diperkenalkan dua tahun lalu di TwitchCon 2018. Meski demikian, ide menarik ini pada akhirnya gagal bersaing dalam pasar. Mengingat, pasca perilisan pada April 2019, fitur ini tidak mendapatkan kesuksesan yang diharapkan. Sampai saat ini – setelah satu tahun perilisannya – Twitch Sings hanya memperoleh 161.182 pengikut dengan 910 viewers.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Meski tidak sedemikian populer, tentunya dihapusnya fitur ‘Sings’ menjadi kabar yang cukup mengecewakan. Eurogamer melaporkan, beberapa fans mengungkapkan kekecewaan mereka melalui laman Reddit untuk Twitch Sings. Beberapa berpendapat fitur ini menjadi sesuatu yang membantu merek melewati masa sulit – lockdown – di tengah pandemi Covid19.

“... bakalan kangen nyanyi sih, ketemu banyak teman baik lewat aplikasi ini,” tulis redditor LettesPlay.

“… Aku tidak akan berbohong, aku sudah cukup tertekan selama pandemi. Twitch Sings dan orang-orang yang berteman denganku telah menjadi satu-satunya penyelamat. Saat ini aku sedang shock. Ini tidak mungkin akhir,” tulis redittor bernama Jarl_of_reddit.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini