Booster Roket Jatuh di Dekat Sekolah Usai Peluncuran Satelit Gaofen 11

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 16 2274392 booster-roket-jatuh-di-dekat-sekolah-usai-peluncuran-satelit-gaofen-11-RhnzZLGsTd.jpg Roket Long March 4B. (Foto: China Aerospace Science and Technology Corp/Space)

ROKET Long March 4B China berhasil meluncurkan satelit baru pengamat Bumi. Roket ini lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di China Utara pada 7 September 2020, pukul 01.57 waktu setempat (01.57 EDT, 0557 GMT).

Roket Long March 4B membawa satelit observasi Bumi Gaofen 11 (02) yang kuat. Satelit observasi optik ini mampu mengembalikan gambar resolusi tinggi, menunjukkan fitur berukuran lebih kecil dari 3 kaki (1 meter).

Baca juga: Virgin Galactic Akan Uji Terbang Pertama Membawa 2 Pilot 

Melansir dari Space, Selasa (8/9/2020), data yang dikembalikan oleh Satelit Gaofen akan digunakan terutama untuk survei tanah, perencanaan kota, konfirmasi hak atas tanah, desain jaringan jalan, estimasi hasil panen, dan pencegahan mitigasi bencana.

Selain itu, menurut Xinhua, Satelit Gaofen 11 (02) juga akan memberikan dukungan informasi untuk pembangunan Belt and Road.

Sebuah rekaman amatir yang diunggah ke situs media sosial China Weibo menunjukkan tidak lama setelah peluncuran, pendorong roket jatuh kembali ke Bumi. Booster itu berbelok keluar jalur ke kota terdekat dan jatuh di dekat sebuah sekolah. Lalu ada ledakan dan memunculkan awan asap berwarna oranye.

Baca juga: Ini Cara Daftar Game Free Fire Advance Server OB24 

Tahap pertama peluncuran Roket Long March 4B menggunakan campuran hidrazin beracun dan nitrogen tetroksida untuk propelan. Jika terkena dengan salah satunya bisa memberikan dampak serius pada kesehatan.

Oleh karena itu, China memiliki tiga lokasi peluncuran ruang angkasa yang terletak jauh di pedalaman.

China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) mengembangkan serta memproduksi Satelit Gaofen 11 (02), sedangkan Shanghai Academy of Spaceflight Technology (SAST) –salah satu institut utama di bawah CASC– memproduksi Roket Long March 4B tahap dua.

Peluncuran kali ini merupakan yang ke-25 di China pada 2020, termasuk uji terbang Long March 5B untuk misi stasiun luar angkasa dan peluncuran Tianwen 1, misi antarplanet independen pertama di China.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini