Pesawat Luar Angkasa China Mendarat di Bumi Setelah 2 Hari Mengorbit

Hantoro, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 16 2274408 pesawat-luar-angkasa-china-mendarat-di-bumi-setelah-2-hari-mengorbit-zdi6QhVc68.jpg Ilustrasi roket. (Foto: Unsplash)

SEBUAH pesawat luar angkasa eksperimental China yang dapat digunakan kembali telah berhasil mendarat kembali di Bumi pada hari Minggu kemarin. Pesawat ini diluncurkan ke orbit pada dua hari sebelumnya atau Jumat lalu. Ini menandai terobosan yang dapat mengarah pada perjalanan pulang-pergi yang lebih murah ke luar angkasa.

Baca juga: China Rilis Pesawat Luar Angkasa yang Dapat Digunakan Kembali 

Kantor berita resmi China Xinhua melaporkan misi tersebut dirahasiakan. Media pemerintah belum memublikasikan foto atau rekaman video peluncuran serta pendaratan pesawat luar angkasa itu. Tidak ada detail yang diberikan tentang teknologi yang telah diuji.

Media sosial China telah penuh dengan spekulasi mengenai pesawat luar angkasa tersebut. Beberapa pihak bahkan membandingkannya dengan X-37B milik Angkatan Udara Amerika Serikat, sebuah pesawat luar angkasa otonom yang dibuat oleh Boeing dan dapat tetap berada di orbit untuk jangka waktu lama sebelum terbang kembali ke Bumi sendiri.

Baca juga: Booster Roket Jatuh di Dekat Sekolah Usai Peluncuran Satelit Gaofen 11 

Mengutip dari Telegraph, Selasa (8/9/2020), tiga tahun lalu China menyatakan bakal meluncurkan pesawat luar angkasa pada 2020 yang dapat terbang seperti pesawat dan bisa digunakan lagi. Ini dapat meningkatkan frekuensi peluncuran dan menurunkan biaya misi.

Tidak diketahui apakah pesawat ruang angkasa eksperimental yang diluncurkan oleh China adalah pesawat sayap tetap seperti Pesawat Ulang Alik AS atau bukan. Jika mirip dengan X-37B, ukurannya akan menjadi seperlima dari ukuran Pesawat Ulang Alik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini