NASA Rilis 6 Gambar Luar Angkasa yang Ditangkap Teleskop Chandra X-Ray

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 16 2274838 nasa-rilis-6-gambar-luar-angkasa-yang-ditangkap-teleskop-chandra-x-ray-jzmQrBiwrD.jpg (Foto: NASA/CXC/SAO, NASA/JPL-Caltech/SSC, ESO/NAOJ/NRAO, NRAO/AUI/NSF, NASA/CXC/SAO/PSU, dan NASA/ESA)

TELESKOP Observatorium Sinar-X Chandra milik NASA mengungkapkan beberapa penemuan astronomi yang luar biasa. Teleskop ini membantu menemukan beberapa gambar galaksi, bintang, nebula planet, dan sisa supernova yang memesona.

Baca juga: Ini Penjelasan Alquran dan Sains tentang Sidik Jari Pembeda Antarmanusia 

Mengutip dari Cnet, Rabu (9/9/2020), gambar-gambar itu disebut belum tentu mewakili apa yang bisa dilihat mata manusia. Berikut ini benda-benda luar angkasa yang pernah ditangkap Teleskop Chandra X-ray:

1. M82

NASA mengatakan M82 adalah galaksi yang "berorientasi ke Bumi".

Galaxy M82. (Foto: NASA/Cnet)

2. Abell 2744

Galaksi ini juga memiliki nama panggilan Pandora Cluster yang ditangkap memggunakan data dari Teleskop Chandra serta Hubble.

Galaxy Abel 2744. (Foto: NASA/Cnet)

Baca juga: PUBG Mobile 1.0 Dirilis, Rasakan Pembaruan Peta Erangel 

3. Supernova 1987A (SN 1987A)

Menurut NASA ini adalah gambar salah satu dari ledakan supernova yang paling terang selama berabad-abad.

Galaxy Supernova 1987A. (Foto: NASA/Cnet)

4. Eta Carinae

NASA menggambarkan salah satu bintang raksasa ini adalah sistem volatil yang mengandung dua bintang masif yang mengorbit satu sama lain.

Galaxy Eta Carinae. (Foto: NASA/Cnet)

5. Galaksi Cartwheel

Galaksi ini ditemukan oleh Fritz Zwicky pada 1941. Galaksi tersebut merupakan salah satu struktur paling rumit yang menanti penjelasannya berdasarkan dinamika bintang, dan memiliki diameter 150.000 tahun cahaya.

Galaxy Cartweel. (Foto: NASA/Cnet)

6. Nebula Helix

Bentuknya memang tampak seperti bola mata raksasa. Itu dikarenakan Nebula Helix adalah bintang yang kehabisan bahan bakar, hal yang akan terjadi pada Matahari dalam 5 miliar tahun.

Galaxy Helix Nebula. (Foto: NASA/Cnet)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini