Waspada, Bersihkan Ponsel Setiap Hari Cegah Penularan Covid-19

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 16 2275149 waspada-bersihkan-ponsel-setiap-hari-cegah-penularan-covid-19-PKjHJvLNbE.jpg (Foto: New York Post)

JAKARTA - Sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona atau Covid-19, Anda perlu memperhatikan kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Ponsel yang biasa Anda pegang setiap hari juga jangan lupa untuk selalu dibersihkan.

Terlebih, Anda bepergian dari tempat bekerja atau kantor kemudian pulang ke rumah. Sebelum meletakan ponsel di kasur atau meja makan, bersihkan terlebih dahulu ponsel kesayangan Anda.

Hal ini sebagai bentuk pencegahan agar Anda tidak membawa virus corona yang mungkin menempel pada permukaan benda, salah satunya ponsel genggam dari luar rumah ke dalam rumah. Ini perlu diperhatikan setiap hari, setiap Anda pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga Anda.

Charles Gerba, Ph.D., seorang profesor epidemiologi dan bio-statistik di Departemen Ilmu Lingkungan di Universitas Arizona mengatakan bahwa virus dapat bertahan di permukaan keras di mana saja mulai dari beberapa jam hingga beberapa minggu.

Rupanya, menurut laporan Reuters virus Covid-19 dapat hidup di permukaan selama beberapa hari. Berdasarkan penelitiannya sendiri, Gerba mengatakan virus dan bakteri dapat ditransfer dari telepon ke tangan Anda dan kemudian kembali ke permukaan baru di rumah dan kantor Anda.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Terkadang ketika ingin membersihkan smartphone Anda khawatir akan merusaknya. Berikut ini, dilansir dari Good House Keeping, 6 langkah-langkah cara membersihkan smartphone Anda agar tetap aman tanpa merusaknya.

1. Lepaskan phone case Anda dan matikan perangkat.

2. Bersihkan dengan kain microfiber, lap bagian luar ponsel Anda dengan lembut. Microfiber dapat membersihkan lebih baik daripada handuk, karena serat memiliki area permukaan yang lebih besar untuk menjebak kotoran dan mereka menyerap minyak dengan baik.

3. Selanjutnya, ambil lap disinfektan. Jika lap terlalu basah sebaiknya peras terlebih dahulu, dan usap perlahan setiap permukaan ponsel dengan menghindari port.

4. Biarkan smartphone Anda mengering selama minimum 5 menit.

5. Ambil handuk kertas bersih atau kain mikrofiber. Ini berguna untuk membersihkan kelembaban yang tersisa.

6. Akhirnya smartphone Anda akan kembali bersih, lakukan proses yang sama dengan case ponsel Anda.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini