Covid-19 Masih Ganas, Jangan Malas Bersihkan Komputer di Kantor! Yuk, Praktikkan

Santi Sierra, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 23:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 16 2275295 covid-19-masih-ganas-jangan-malas-bersihkan-komputer-di-kantor-yuk-praktikkan-ZlBggVZ2Sh.jpg Ilustrasi membersihkan meja kantor (Foto: Freepik)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/9/2020) menyatakan, bahwa Pemprov DKI Jakarta melakukan kebijakan rem darurat Covid-19 untuk menghentikan kasus penularan di Ibu Kota.

Ini berarti, Covid-19 masih ganas, kita tak boleh lengah untuk terus membasminya! Salah satu cara mudah adalah rutin membersihkan perangkat komputer, terutama yang sering kamu pakai di kantor. Apalagi bila perangkat komputer itu dipakai beramai-ramai oleh banyak orang.

Pakar kesehatan mengingatkann virus dapat bertahan lama di objek dan permukaan keras. Maka, disarankan agar dimanapun kita bekerja, entah WFH atau di kantor, wajib jaga kebersihan dengan membersihkan benda-benda elektronik, meja, dan barang-barang lain yang sering disentuh.

Membersihkan kantor 

Baca juga: Kulit Berjerawat? Coba Konsumsi Sayur Lezat Ini!

Mengutip dari The News and Observer, perusahaan teknologi Apple dan Dell menyarankan agar setiap orang mematikan dan mencabut perangkat seperti komputer sebelum dibersihkan. Kamu bisa memakai cairan disinfektan untuk membersihkan komputer.

Namun jika tidak tersedia, kamu bisa memakai tisu basah atau hand sanitizer yang minimal mengandung cairan alkohol 70% untuk membunuh kuman.

Selain itu, Wired Magazine, menyarankan agar mencampur cairan alkohol 70% dengan air karena bahan kimia lain berpotensi merusak komponen komputer, seperti mouse dan keyboard. Lalu untuk menghilangkan kotoran atau debu sebelum disinfektasi, kamu bisa menggoyangkan perangkat atau menggunakan botol udara bertekanan.

Menurut Wired Magazine, untuk bagian mouse dan keyboard biasanya tidak kedap air. Jadi cara membersihkannya sama seperti pada smartphone, tetap jaga kelembapan seminimal mungkin dan pastikan mengeringkan seluruh bagian dengan benar.

Pada perangkat lain, jika menggunakan layar sentuh, para pakar kesehatan menyarankan agar kita memasang penutup yang dapat dibersihkan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini