Peneliti Ungkap Fenomena Aneh Hidrogen di Planet Raksasa

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 16 2275595 peneliti-ungkap-fenomena-aneh-hidrogen-di-planet-raksasa-tYILtaWyLZ.jpg (Foto: Astronomy Magazine)

JAKARTA - Fenomena aneh terjadi pada hidrogen di dalam planet raksasa, dengan kepadatan yang luar biasa dan gas yang berubah menjadi logam. Hidrogen adalah unsur paling sederhana dan paling umum namun termasuk elemen paling aneh yang membingungkan di alam semesta.

Bintang dan planet raksasa terbuat dari hidrogen. Hidrogen logam adalah fase elemen yang kurang dipahami dan sulit dipelajari, para peneliti University of Cambridge, IBM Research dan EPFL, menggunakan teknik pembelajaran mesin yang dikombinasikan dengan mekanika kuantum untuk memahami bagaimana fase aneh ini terbentuk.

Melansir dari IFL Science, di permukaan planet raksasa, hidrogen tetap menjadi gas molekuler, tetapi jauh di dalam interiornya, di bawah kompresi ekstrem, ikatan kovalen di dalam molekul hidrogen pecah dan gas menjadi logam yang menghantarkan listrik. Tim percaya bahwa transisi tersebut tidak terjadi secara tiba-tiba.

Hidrogen di bawah tekanan ekstrem tidak akan tiba-tiba berubah menjadi bentuk logam. Algoritme kecerdasan buatan (AI) yang digunakan menunjukkan bahwa perubahan dari molekul ke atom hidrogen berlangsung secara bertahap dan mulus.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Dr Bingqing Cheng dari Laboratorium Cavendish Cambridge mengatakan, tim telah mencapai titik kesimpulan yang mengejutkan dan menemukan bukti untuk transisi molekul ke atom dalam cairan hidrogen padat. Transisi yang mulus menunjukkan bahwa ada titik kritis tersembunyi, bukan yang terpapar.

Akibatnya, dapat menyebabkan fenomena tidak biasa lainnya dan dapat membantu menjelaskan apa yang terjadi di dalam raksasa gas.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini