Pengguna iOS Kehilangan Akses Apple ID untuk Fortnite

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 16 2275601 pengguna-ios-kehilangan-akses-apple-id-untuk-fortnite-I75SNuEXpw.jpg (Foto: News Break)

JAKARTA – Menyusul perseteruan hukum antara Apple dan Epic Games terkait opsi pembayaran dalam game, kini Apple secara resmi akan memberhentikan dukungan sign-in mereka. Dengan ini, mulai 11 September 2020 pengguna iOS tidak dapat masuk ke dalam akun Epic Games menggunakan ID Apple.

“Apple tidak akan lagi mengizinkan pengguna untuk masuk ke akun Epic Games menggunakan ‘Sign-in with Apple’ segera setelah 11 September 2020. Jika Anda menggunakan ‘Sign-in with Apple’, pastikan email dan kata sandi Anda adalah yang terbaru,” tulis Epic Games melalui akun Twitter @EpicGames pada Rabu (9/9/20).

Dilaporkan Games Spot, hilangnya akses sign-in menggunakan Apple ID akan berlaku untuk semua aplikasi Epic Games. Ini juga berlaku untuk game Fortnite – yang nyatanya masih dapat dimainkan melalui perangkat Apple meski tidak melalui App Store. Oleh karena itu, kini seluruh pengguna iOS harus mengganti email dan kata sandi sesegera mungkin.

Untuk mengganti data sign-in akun Epic Games, pengguna dapat melakukan perubahan dengan mengakses laman General Settings. Pada laman, pengguna perlu memasukkan ID Apple lama sebelum akhirnya mengganti email dan kata sandi dengan yang baru. Adapun jika hal ini tidak sempat dilakukan sebelum akses terputus, pengguna dapat langsung menghubungi Epic Games untuk pemulihan.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

“Silakan klik ‘CONTACT US’ di bawah dan berikan kami kode verifikasi yang ada di email yang Anda terima tentang ini (baris subjek email adalah: ‘PENTING! Pembaruan akun Epic Games diperlukan untuk akses berkelanjutan’). Kode verifikasi yang Anda terima akan terlihat seperti ini: ABC-123-DEF,” tulis Epic Games pada laman website.

Pemberhentian dukungan ‘Sign-in with Apple’ sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin. Mengingat sebelumnya, Apple juga telah menghapus Fortnite dari App Store dan menyatakan akan menghapus akun Epic Games – yang juga terhubung dengan Unreal Engine mereka. Terlebih baru-baru ini baik Apple dan Epic Games juga semakin memanas dengan tuduhan masing-masing.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini