Cara Mudah Merekam Tampilan Layar di iPhone dan iPad

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 16 2275644 cara-mudah-merekam-tampilan-layar-di-iphone-dan-ipad-oK46bui0xI.jpg (Foto: LetsView)

JAKARTA - Merekam layar ponsel bisa menjadi cara untuk mengabadikan momen virtual, contohnya saat Anda melakukan panggilan video dengan seorang teman dan keluarga, atau saat mengikuti kegiatan secara virtual yang ingin dikenang. Untuk melakukan ini, beberapa memilih untuk memasang aplikasi pihak ketiga.

Untuk pengguna iOS sebenarnya hal ini tidak diperlukan. Pengguna Apple dengan sistem perangkat lunak iOS 11 atau yang lebih baru pada dasarnya memiliki screen record bawaan dalam perangkat.

Jika Anda belum pernah mengaksesnya, berikut ini beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengaktifkan screen record pada produk Apple.

1. Pilih ikon “Settings” pada perangkat dan pilih opsi “Control Center”

2. Klik opsi “Customized Controls”

3. Gulir tampilan dan cari ikon rekaman

4. Pilih tombol (+) di samping ikon untuk menambahkan pada daftar “Include”

5. Kembali ke layar utama. Pada layar utama geser ke atas dari tepi bawah layar mana pun.

(Untuk iPhone X atau lebih baru; atau iPad dengan iOS 12 atau lebih baru; atau iPadOS, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar)

6. Pada tampilan yang muncul, pilih ikon rekaman dan ketuk mikrofon. Tunggu hitungan mundur dan secara otomatis rekaman dimulai.

Sementara itu, untuk mematikan rekaman layar, Anda cukup kembali pada pusat kontrol dan ketuk ikon rekaman. Ada pula cara lain dapat dilakukan dengan mengetuk bilah status merah di bagian atas layar.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Setelah rekaman selesai, Anda cukup membuka aplikasi Foto dan pilih folder “rekaman layar” untuk melihat hasil.

Hasil rekaman yang didapat nantinya akan memuat video dan audio. Namun perlu diingat, tidak semua aplikasi mengizinkan rekaman audio. Begitu pula tidak semua aplikasi mengizinkan screen recorder untuk merekam tampilan mereka.

Selain itu, Anda tidak dapat merekam tampilan layar jika perangkat sedang dicerminkan dengan perangkat lain.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini