Perhatikan 3 Hal Ini untuk Menghemat Daya Baterai Ponsel

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 16 2276345 perhatikan-3-hal-ini-untuk-menghemat-daya-baterai-ponsel-zj1DM9OFHk.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA – Memiliki baterai ponsel yang tahan lama tentu menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Sayangnya, tidak semua orang menyadari jika cara mereka memakai ponsel merupakan masalah utama dari lemahnya baterai.

Baterai bisa terkuras apabila layar yang terlalu cerah, banyaknya background software, koneksi internet, hingga tampilan ponsel itu sendiri.

Dilaporkan PC Mag Asia, untuk mengatasi hal itu Google telah menghadirkan sistem operasi perangkat lunak Android 6.0 Marshmallow. Sistem ini memberikan mode hemat daya dengan menghadirkan fitur “sleep” saat diletakkan di atas meja.

Pengaturan Aplikasi dan Sistem

Selain menggunakan fitur “sleep”, peningkatan daya juga dapat dilakukan melalui bilah “Device Care” pada laman “Settings”. Dengan itu, ponsel dapat melakukan pembersihan dan optimisasi. Ini juga termasuk menyingkirkan aplikasi dan data yang rusak.

Berbicara soal aplikasi, tidak semua aplikasi perlu diperbarui sekalipun fitur baru terlihat menarik. Karena pada dasarnya, semakin baik aplikasi, semakin banyak daya yang akan diserap.

Namun, jika tetap ingin memperbarui aplikasi, ada baiknya hal itu dilakukan menggunakan Wi-Fi. Tidak hanya menyelamatkan data seluler, ia juga dapat menyelamatkan baterai Anda. Karena akses Wi-Fi memakan daya lebih sedikit dibandingkan dengan jaringan data seluler.

Selain mematikan data, mematikan mode pelacak aktif pada ponsel juga menjadi opsi. Mode seperti Bluetooth, NFC, lokasi, dan visibilitas ponsel Samsung tidak perlu dinyalakan setiap saat. Hal ini juga berlaku untuk Google Assistant dan layanan Bixby pada ponsel Samsung yang cukup dinyalakan saat dibutuhkan.

Atur Tampilan Layar

Tidak hanya aplikasi dan sistem, tampilan layar juga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Hal pertama yang dapat perhatikan adalah mode kecerahan ponsel. Ada baiknya mengatur sesuai kebutuhan dan mematikan mode “kecerahan otomatis”.

Selain itu, ada baiknya Anda menghindari penggunaan Wallpaper bergerak atau yang terlalu banyak memuat warna. Wallpaper seperti itu cenderung lebih boros. Anda juga dapat menghindari penggunaan Widget – yang sebenarnya hadir sebagai program aktif untuk akses langsung. Sehingga tentu saja ini akan memakan baterai.

Opsi Tambahan

Terakhir, untuk menghemat daya Anda dapat menggunakan casing baterai atau suplai baterai eksternal. Anda juga dapat mematikan notifikasi seperti mode getar atau suara untuk meminimalisir aktifnya ponsel. Dengan itu, daya akan lebih hemat karena ponsel lebih lama beristirahat.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini