Ular Piton Bertelur Tanpa Pejantan, Para Ahli Bertanya-tanya

Hantoro, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 16 2277040 ular-piton-bertelur-tanpa-pejantan-para-ahli-bertanya-tanya-uMvif9i56q.jpg Ular piton betina ini bertelur tanpa pejantan. (Foto: Instagram @stlzoo)

SEEKOR ular piton telah membuat para ahli bertanya-tanya karena bertelur meski tidak bersentuhan dengan ular jantan. Ular betina itu dilaporkan bertelur sebanyak tujuh butir.

Ular piton betina itu berada di Kebun Binatang St Louis, Amerika Serikat. Pihak pengelola mengungkapkan bahwa ular piton atau lebih dikenal sanca bola (phyton regius) itu berusia 62 tahun.

Baca juga: Dianggap Musuh, Remaja Ini Digigit 8 Kali oleh Ular yang Sama 

Ia bertelur tujuh butir meskipun tidak berada di dekat ular piton jantan selama 20 tahun.

"Sesuatu yang luar biasa terjadi," tulis pihak kebun binatang di akun media sosialnya pada awal pekan ini, sebagaimana dikutip dari News.com Australia, Minggu (13/9/2020).

Ular piton di Amerika bertelur tanpa pejantan. (Foto: Instagram @stlzoo)

"Seekor sanca bola bertelur. Bagi sebagian orang, hal itu mungkin tidak terdengar terlalu mendebarkan, tetapi bagi staf Herpetarium kami pasti begitu. Ular betina ini berusia lebih dari 50 tahun (ular tertua yang didokumentasikan di kebun binatang) dan belum pernah bersama jantan selama lebih dari 15 tahun," jelasnya.

Baca juga: Seram, Ular Keluar dari Mulut Seorang Wanita 

Piton yang tidak disebutkan namanya itu bertelur pada tanggal 23 Juli. Dilaporkan, hanya lima telur yang bertahan. Tiga di antaranya berada dalam inkubator dan dua lainnya digunakan untuk pengambilan sampel genetik guna mencari tahu bagaimana hal ini terjadi. Telur akan menetas dalam waktu sekira satu bulan.

Mark Wanner, manajer herpetologi di Kebun Binatang St Louis, mengatakan kepada Associated Press bahwa tidak jarang ular sanca bola bereproduksi secara aseksual.

Baca juga: Cocok Dijuluki Putri Ular, Gadis 14 Tahun Ini Pelihara 6 Piton Raksasa 

Ular dapat menyimpan sperma untuk pembuahan yang tertunda. Namun dalam kasus ini, berarti ular sanca betina tersebut menyimpan sperma selama lebih dari 15 tahun.

Wanner mengatakan, peristiwa ini juga tidak biasa karena ular sanca bola biasanya berhenti bertelur jauh sebelum mencapai usia 60.

"Dia pasti akan menjadi ular tertua yang kita kenal dalam sejarah (bertelur)," kata Wanner.

Baca juga: Ngeri, Nenek Ini Memiliki Rambut seperti Ular Piton 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini