Peneliti Akan Mendarat di Asteroid Bennu untuk Ungkap Partikel yang Lepas

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 14 September 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 16 2277394 peneliti-akan-mendarat-di-asteroid-bennu-untuk-ungkap-partikel-yang-lepas-kArzK7KaLf.jpg Asteroid Bennu. (Foto: NASA/Goddard/University of Arizona/IFL Science)

SEJUMLAH peneliti melaporkan bahwa Asteroid Bennu kehilangan bebatuan ke luar angkasa dengan kecepatan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Tim OSIRIS-REx NASA yang mempelajari Asteroid Bennu menjelaskan bahwa mereka akan mencari tahu lebih lanjut penyebab pelepasan partikel-partikel itu dan melakukan penelitian secara lebih rinci.

Melansir dari IFL Science, Senin (14/9/2020), tim melacak ratusan partikel yang terlontar, ukuran partikel sesuai dengan yang diperkirakan lepas dari asteroid seperti Bennu karena rekahan termal.

Baca juga: Dua Asteroid Besar Terbang Melintasi Bumi dengan Kecepatan Tinggi 

Kemudian dilaporkan, asteroid berputar pada porosnya hanya dalam waktu empat jam membuat perubahan panas menjadi dingin dengan cepat, memecahkan bebatuannya.

Tetapi lokasi peristiwa ejeksi cocok dengan model yang melihat pelepasan ini turun ke dampak mikrometeoroid di permukaan Bennu, sehingga peneliti berasumsi mungkin saja kombinasi keduanya.

Partikel-partikel juga membantu tim mempelajari tarikan gravitasi asteroid yang sangat lemah, mereka bergerak jauh lebih dekat ke Bennu.

Steve Chesley dari NASA's Jet Propulsion Laboratory mengatakan lepasnya partikel-partikel tersebut tidak terduga bagi ilmu gravitasi di Bennu.

Baca juga: Peneliti Ungkap Asal Usul Terbentuknya Asteroid Oumuamua 

"Kami mengira permukaan Bennu yang tertutup batu adalah penemuan kartu liar di asteroid, tetapi peristiwa partikel ini benar-benar mengejutkan kami," kata peneliti utama Dante Lauretta.

Potongan-potongan batu itu berukuran sekira 7 milimeter (0,25 inci). Tim OSIRIS-REx diperkirakan akan terbang ke permukaan Asteroid Bennu pada 20 Oktober 2020 untuk mengambil sampel.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini