8 Tips untuk Anda yang Menjalani WFH Selama Pandemi

Intan Permata Sari, Jurnalis · Senin 14 September 2020 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 16 2277414 8-tips-untuk-anda-yang-menjalani-wfh-selama-pandemi-3167CCj4Am.jpg (Foto: Point Geek)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020. Pengetatan PSBB ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selama beberapa bulan terakhir, pandemi ini telah mengubah sebagian dari kita yang sehari-hari bekerja di kantor, kini bekerja di rumah. Okezone akan memberikan tips untuk Anda selama menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Kami rangkum dari Dr. Samir Parikh - Direktur, Departemen Kesehatan Mental dan Ilmu Perilaku dan Fortis National Mental Health Program. Berikut ini beberapa cara Work From Home yang efektif selama pandemi:

1. Menentukan kembali kehidupan kerja yang seimbang

Pandemi ini mungkin cukup menantang dari rutinitas kita sebelumnya. Karena semua dilakukan di rumah saja, harus membuat kita bisa seimbang antara kerjaan di rumah dan di kantor.

Untuk mencapai keseimbangan saat bekerja dari rumah, pastikan waktu kerja Anda bebas dari gangguan hal yang berada di rumah. Begitu juga saat kalian berada di rumah, pastikan kalian mematikan laptop / layar dan melakukan detoksifikasi digital, dan waktu luang setiap hari, sembari memenuhi tanggung jawab terhadap rumah.

2. Berbagi tanggung jawab

Di saat pandemi seperti ini, penting berbagi tugas dengan anggota keluarga yang lain. Semua harus memiliki peran dan tanggung jawab yang diidentifikasi, dibatasi dengan jelas, dan dibagikan sama rata dengan seluruh anggota keluarga. Tidak seorang pun dapat diharapkan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan. Oleh karena itu, berusahalah untuk melatih dan melimpahkan wewenang, serta berbagi tanggung jawab.

3. Ciptakan ruang dan waktu yang ditentukan untuk bekerja dari rumah

Penting bagi kamu untuk memiliki ruang kerja khusus di rumah atau tempat khusus saat WFH yang harus bebas dari kekacauan rumah, sehingga kamu dapat fokus dengan baik saat sedang bekerja.

Kemudian, bila pekerjaan sudah selesai, menjauh dari tempat kerja itu saat waktunya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ini juga membantu anak-anak dan anggota keluarga lainnya dapat mengerti kita agar tidak mengganggu saat kita berada di tempat kerja yang ditentukan di rumah.

4. Bekerjasama satu sama lain

Jika seorang suami-istri bekerja, penting untuk meluangkan waktu sebagai pasangan, menghabiskan waktu bersama, bekerjasama dalam kegiatan bersama. Sebenarnya, ini adalah kesempatan yang baik untuk memanfaatkan waktu untuk terlibat dalam kegiatan bersama untuk meningkatkan ikatan satu sama lain dengan anggota keluarga yang lain. Misalnya, biarkan anak-anak terikat dengan kakek-nenek pada saat ini.

 Pandemi ini telah mengubah sebagian dari kita yang sehari-hari bekerja di kantor, kini bekerja di rumah.

Baca juga: Guncangan Dahsyat Awali Peristiwa Kiamat Dijelaskan Alquran dan Sains

5. Bergantung pada sistem dukungan sosial yang kuat

Bekerja dari rumah serta berjaga jarak, bukan berarti kita tidak berinteraksi dengan lingkungan luar. Dukungan sosial bukan hanya kita dapat dari keluarga saja, tetapi juga dari teman-teman sosial dan rekan kerja yang sering kita temui.

Kita bisa tetap berbagi pengalaman, pemikiran, dan hal apapun melalui media sosial agar kita tetap merasakan aktivitas sebelum pandemi. Pengalaman, pemikiran, dan perasaan Anda bukan hanya tentang pekerjaan.

6. Membuat rencana dan tenggat waktu

Bekerja dari rumah bisa membuat seseorang menjadi terlalu protektif. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tujuan yang realistis, baik untuk pekerjaan rumah tangga dan tugas pekerjaan, mendelegasikan tanggung jawab untuk dibagikan, dan juga menetapkan jadwal yang realistis untuk mencapainya.

7. Selamat berakhir pekan

Mungkin kata-kata tersebut dari sebagian orang, menganggapnya sudah tidak ada, karena semua hari sama saja. Maka dari itu, kita harus menghilangkan kebosanan, dan melakukan rangkaian rutinitas yang berbeda untuk akhir pekan yang berbeda dengan hari kerja.

Kalian juga dapat memanfaatkan pandemi ini untuk melakukan beberapa hobi lama atau mempelajari beberapa hobi baru selama pandemi ini. Cobalah hal-hal baru yang dapat dilakukan selama di rumah saja, yang dapat dilakukan bersama keluarga ataupun dilakukan sendiri.

8. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri

Ini merupakan hal terpenting, agar kamu tidak merasa jenuh saat pandemi dan tetap berada di rumah dengan hati yang senang. Pokoknya kalian harus meluangkan waktu hanya untuk diri sendiri, peduli terhadap diri sendiri, dan melakukan hal-hal yang kita sukai, dan yang membantu kita rileks atau merasa segar kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini