Peluncuran Pertama Misi Orbit Roket Astra Gagal Mencapai Target

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 14 September 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 16 2277479 peluncuran-pertama-misi-orbit-roket-astra-gagal-mencapai-target-P2mjbuXDHd.jpg Peluncuran Roket 3.1 Astra. (Foto: Astra/The Verge)

MISI orbit pertama untuk peluncuran Roket Astra berakhir tanpa mencapai orbit. Roket 3.1 Astra itu berhasil lepas landas dari Pacific Spaceport Complex di Alaska sekira pukul 23.19 ET pada hari Jumat kemarin. Tetapi, roket melayang dari lintasan yang direncanakan.

Sistem keselamatan penerbangan mematikan mesin, sehingga Roket Astra jatuh kembali ke tanah dan tidak membawa muatan apa pun. Demikian dikutip dari The Verge, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Booster Roket Jatuh di Dekat Sekolah Usai Peluncuran Satelit Gaofen 11 

Berdasarkan cuplikan video dari seorang penonton, mesin Roket Astra mati di tengah penerbangan. Beberapa saat kemudian api menyala saat roket menghantam tanah.

Pihak perusahaan menyatakan roket mengalami masalah pembakaran tahap pertama nominal. Sejak saat itulah mesin mati.

Namun, Astra memang tidak merencanakan untuk mencapai orbit pada peluncuran kali ini. Dikatakan bahwa data awal menunjukkan roket itu bekerja dengan sangat baik.

"Kami tidak memenuhi semua tujuan kami, tetapi kami mendapat pengalaman yang berharga, ditambah data penerbangan yang lebih berharga," jelas pihak perusahaan dalam entri blog-nya.

Baca juga: SpaceX Berhasil Luncurkan Satelit Observasi Bumi 

Perusahaan juga menambahkan bahwa peluncuran tersebut untuk memperisapkan mencapai orbit dalam dua penerbangan selanjutnya. Astra adalah tim yang sangat kecil, cukup kecil, sehingga dikatakan tidak memiliki kru produksi video untuk menyiarkan peluncurannya.

Bahkan, sistem peluncurannya dikembangkan oleh enam orang dalam waktu kurang dari seminggu. Astra mengatakan Roket 3.2-nya telah siap dan berencana meluncur lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Misi Peluncuran Rocket Lab Dimulai Pekan Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini