Asus Buat Router Wi-Fi 6E Pertama untuk Game AR/VR

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 14 September 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 16 2277581 asus-buat-router-wi-fi-6e-pertama-untuk-game-ar-vr-zHNO3vrDi0.jpg Asus ROG Rapture GT-AXE11000 yang mendukung Wi-Fi 6E. (Foto: Asus/Cnet)

SETELAH jaringan Wi-Fi 6 dirilis pada 2019 lalu, awal tahun ini Federal Comunication Commision Amerika Serikat mengumumkan izin untuk jaringan generasi baru bernama Wi-Fi 6E. Jaringan tersebut menggunakan pita 6GHz dan diklaim membuka sebagian besar bandwith yang belum dimanfaatkan. Dengan itu dapat dikatakan jaringan ini lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Menyusul keputusan itu, dilaporkan bahwa router pertama untuk jaringan Wi-Fi 6E akan dibuat oleh Asus. Perangkat tersebut bernama Asus ROG Rapture GT-AXE11000, yakni router gaming tri-band kelas atas. Router ini dapat menerima dan mengirim sinyal 6GHz yang bisa memberikan pengalaman gameplay halus dan responsif.

Baca juga: Ini Spesifikasi Asus Zenfone 7 Pro dengan Kamera Flip-up 

"Asus jadi yang pertama meluncurkan router Wi-Fi 6. Sekarang Asus menghadirkan bandwidth yang lebih luas dan peningkatan saluran 160 MHz Wi-Fi 6E dengan ROG Rapture GT-AXE11000, router Wi-Fi 6E pertama di dunia," tulis pihak perusahaan dalam keterangan resminya, sebagaimana dikutip dari Cnet, Senin (14/9/2020).

Terlepas dari kegunaannya, pada dasarnya Rapture GT-AXE11000 masih memiliki desain yang serupa dengan seri sebelumnya. Router ini masih dilengkapi dengan delapan antena yang tersebar di setiap sisi. Namun tentunya pita 6GHz akan dua kali lipat lebih besar dari pita 5GHz dan bersifat semi-eksklusif, mengingat jaringan lawas belum menggunakannya.

"Banyak yang tidak menyadari bahwa set VR kelas atas yang membutuhkan bandwidth paling banyak sebenarnya ditambatkan dengan kabel. Dengan Wi-Fi 6E, Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak bandwidth, tetapi juga bandwidth yang lebih bersih, artinya Wi-Fi 6E juga dapat memberikan kecepatan data yang lebih tinggi yang diperlukan bersama dengan mobilitas sejati secara nirkabel," ucap Perry Cornell, direktur pemasaran produk Extreme Networks.

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Miliki Kemampuan Refresh Rate 160Hz 

Sesuai yang dikatakan Perry Cornell, memang jaringan Wi-Fi 6E tampak lebih cocok untuk mereka yang memainkan game menggunakan AR dan/atau VR. Mengutip Gamerant, setidaknya ini akan lebih cocok digunakan untuk game ponsel untuk menyajikan konsistensi dan kualitas yang lebih baik.

Sementara itu, selain pita yang lebih besar dan mendukung bandwith lebih luas, router ini juga kompatibel dengan kartu Asus GeForce 30 terbaru. Ia juga didukung oleh PC 64-bit 1,8GHz dan RAM 1GB yang kompatibel dengan jaringan 4x4 Wi-Fi 6, port LAN multi-gig untuk kecepatan kabel 2,5Gbps, serta agregasi WAN.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini