Cetak Rekor, Kartu Koleksi Pokemon Dilelang Seharga Rp2,9 Miliar

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 16 2277715 cetak-rekor-kartu-koleksi-pokemon-dilelang-seharga-rp2-9-miliar-j36PukIBJr.jpg Kartu koleksi Pokemon. (Foto: Heritage Auctions)

MELALUI unggahan web, Heritage Auction mengumumkan rekor baru dari kartu koleksi Pokemon melalui lelang Comic and Comic Arts yang diselenggarakan pada Kamis 10 September 2020. Rekor ini didapat setelah satu boks First Edition Base Set Booster dari Pokemon TCG yang masih tersegel berhasil dilelang seharga USD198.000 atau setara Rp2,9 miliar.

Heritage Auction menyatakan ini menjadi harga yang jauh lebih besar dibandingkan pra-lelangannya yang hanya mencapai USD80.000 atau hanya setengahnya.

Baca juga: Hadirkan Pembaruan, Ini Jadwal Musim Keempat Battle League Pokemon Go 

Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan lelang tahun lalu. Set itu dijual dengan harga hampir tiga kali lebih rendah atau seharga USD78.000 atau setara Rp1,1 miliar.

"Set seperti ini, terutama dalam kondisi luar biasa dan disegel dalam shrinkwrap, telah menjadi barang langka yang tak terbantahkan," ucap Jesus Garcia, asisten pengawas operasional Comic and Comic Art, di Heritage Auctions, dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari situs resmi Heritage Auction, Selasa (15/9/2020).

Ia melanjutkan, "Untuk melihat hasil ini, lebih dari dua kali lipat nilai sebelumnya, hanya menunjukkan popularitas dan permintaan untuk kartu ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat."

Selain masih tersegel, pada dasaranya satu boks kartu tersebut menjadi barang yang cukup tua. Ia pertama kali dirilis sekira 21 tahun lalu atau pada 1999 untuk global. Kemudian lebih tua lagi yakni pada awal 1996 untuk kolektor di Jepang.

Baca juga: Unik, Siswa Ini Ciptakan Video Game dari Semangka 

Meski pada dasarnya tidak semua kartu edisi pertama semahal itu, boks yang masih tersegel menjadi nilai utama.

Dengan boks yang masih tersegel, kemungkinan sebagian besar atau semua kartu dalam kondisi "Gem Mint". Maksudnya, mengutip PSA Card, kartu tersebut dalam kondisi hampir sempurna.

Ia memiliki sudut tajam, fokus gambar tajam, dan dilengkapi gloss asli. Kemungkinan inilah yang membuat lelang mendapat nominal yang sangat besar.

Satu boks First Edition Base Set Booster ini terdiri dari 396 kartu. Semuanya tersebar melalui 36 paket booster yang masing-masing berisi 11 kartu. Jadi selain tersegel dari luar, kartu juga tersegel dari dalam dan memungkinkan kondisi yang sempurna.

Bagaimanapun, kolektor kartu tentunya tidak menginginkan sedikit pun lecet pada kartunya, sehingga ini tentu bukan syarat dan hal yang remeh.

Baca juga: Game Pokemon Go Hentikan Dukungan untuk Ponsel OS Lawas 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini