YouTube Buat Fitur Video Pendek Bernama Shorts, Saingi TikTok?

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 16 2277908 youtube-buat-fitur-video-pendek-bernama-shorts-saingi-tiktok-BYbaPjssj3.jpg YouTube Shorts. (Foto: Blog YouTube)

MELALUI ungghan pada laman blog-nya pada Senin 14 September 2020, YouTube resmi memperkenalkan fitur baru bernama YouTube Shorts. Hadir sebagai lahan kreativitas video pendek bagi pengguna, Shorts disebut akan menjadi pesaing TikTok. Ini akan serupa dengan apa yang diperkenalkan Instagram pada awal bulan lalu yakni fitur bernama Reels.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami sedang membuat YouTube Shorts, pengalaman video singkat baru langsung di YouTube untuk pembuat konten dan artis yang ingin membuat video pendek dan menarik hanya dengan menggunakan ponsel mereka," tulis Chris Jaffe, vice president of product management YouTube, dikutip dari Blog YouTube, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Aplikasi YouTube di iOS Bakal Hadirkan Fitur Picture-in-Picture 

Ia menjelaskan, YouTube telah resmi merilis Shorts dalam betuk beta untuk akses terbatas. Di mana akses pertama akan diberikan untuk pengguna di wilayah India, lengkap dengan beberapa fitur dasar dalam Shorts. Sedangkan untuk negara lainnya, termasuk Indonesia, hingga kini YouTube belum memberikan informasi lebih lanjut.

Meski begitu, terang Jaffe, sebagai bentuk uji coba dan penyempurnaan, Shorts akan hadir di beberapa wilayah lainnya dalam beberapa bulan ke depan. Ini juga termasuk dengan menyediakan Shorts untuk pengguna iOS.

Baca juga: Apple Konfirmasi Event September via Channel YouTube? 

Selain itu, seiring berjalannya waktu dan uji beta, YouTube juga akan menambahkan beberapa fitur lainnya. Namun untuk saat ini beberpa fitur yang tersedia salah satunya meliputi durasi video.

Mirip dengan TikTok, Shorts memungkinkan pengguna membuat video pendek berdurasi 15 detik atau kurang. Pengguna juga dapat merangkai beberapa klip video menggunakan fitur multisegmen yang juga hadir di TikTok.

Tidak hanya itu, pengguna dapat menambahkan lagu dan mengatur opsi hitung mundur untuk merekam secara "hands-free". Sementara untuk musik, dapat ditambahkan melalui fitur pemilihan musik dalam produk.

"Saat ini memiliki 100.000 lagu, dan kami bekerja dengan artis musik, label, serta penerbit agar lebih banyak konten mereka tersedia untuk terus memperluas katalog kami," ungkap pihak Youtube, dikutip dari The Verge.

Terakhir sebagai pelengkap, aplikasi ini mendatangkan pengalaman menonton baru dengan fitur slide secara vertikal. Dengan itu pengguna memiliki pengalaman yang persis serupa dengan TikTok, lengkap dengan opsi pencarian video serupa.

Baca juga: YouTube Kids Hadirkan 100 Lebih Film di Tengah Pandemi Covid-19 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini